KBK – Kantor Berita Kalimantan

11 ASN dan 1 Kades di Tabalong Melanggar Netralitas di Pemilu 2019

Image default
Politik

Tanjung : 11 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 1 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tabalong melanggar netralitas pada pemilu 2019 dan sedang menunggu sanksi, Senin (11/2/2019).

Sebanyak 11 ASN atau PNS di Kabupaten Tabalong telah menjalani pemeriksaan di Bawaslu Tabalong. Ke-11 ASN tersebut dilaporkan, karena melakukan komentar di Akun resmi milik salah satu partai politik.

“Iya mereka berkomentar di Akun Resmi salah satu parpol peserta pemilu,” ujar Fahmi Failasopa, Komisioner Bawaslu Tabalong.

Selanjutnya jelas Fahmi, Bawaslu Tabalong menerima laporan tentang dugaan pidana pemilu yang dilakukan Kepala Desa Kupang Nungding beserta aparat desa. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan di Sentra Gakkumdu unsur pidananya tidak terpenuhi.

“Pelanggaran pemilu kepala desa dan aparatnya tidak masuk pidana pemilu, tapi pelangaran netralitas. Untuk itu kami serahkan kasusnya ke BPMPD,” jelasnya.

Komisioner Bawaslu Tabalong ini juga menyatakan, untuk pelanggaran netralitas 11 ASN pihaknya serah ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Karena kewenangan untuk menindak atau memberi sanksi ASN ada di BKN,” pungkasnya.

Foto : Manado Online

Leave a Comment