KBK – Kantor Berita Kalimantan
Home » Relawan Dapur Umum Haul Ke-14 Guru Sekumpul Mangisai Baras
BUDAYA TIPS & TRIK

Relawan Dapur Umum Haul Ke-14 Guru Sekumpul Mangisai Baras

Martapura : Puluhan relawan dari dapur umum Haul Ke-14 Guru Sekumpul Mangisai (membersihkan) beras (Mangisai) untuk dimasak di saluran irigasi Riam Kanan, Sabtu (9/3/2019).

Guna melayani komsumsi para jamaah Haul ke-14  KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul di Komplek Ar-Raudah Sekumpul disiapkan puluhan dapur umum. Ratusan relawan disiapkan untuk bekerja di dapur umum, mulai dari menyiapkan bumbu masak, membersihkan beras dan memasak lauk.

Berton-ton beras dan aneka kebutuhan lauk serta rempah telah disiapkan panitia haul di dapur umum yang tersedia. Puluhan ekor sapi dipotong untuk menyiapkan nasi samin yang enak dan gurih untuk disajikan kepada ribuan jamaah.

Pemandangan yang unik serta menarik adalah adalah proses pembersihan beras sebelum dimasak di dapur umum. Proses pembersihan beras atau mangisai baras ini dilakukan secara tradisional.

Puluhan pemuda relawan untuk daput umum mengangkut beras yang akan dibersihkan ke kawasan irigasi Riam Kanan di sekitar Jalan Pendidikan.  Jailani (27) Warga Kota Martapura mengatakan, pembersihan beras dilakukan dari dapur umum terdekat, yakni kawasan Sekumpul.

“Para relawan yang bersihkan beras itu dari dapur umum utama di kawasan Komplek Ar-Raudah, Sekumpul. Sebab, dapur umum lainnya tersebar hingga ke Bincau, Pasanyangan, Tunggul Irang dan terbanyak di Desa Dalam Pagar, Kalampayan,” jelasnya.

Berita Terkait

Leave a Comment