Beginilah Wujud Asli Stempel Pangeran Hidayatullah

Image default
Budaya Publik Teknologi Tips dan Triks

KBK- Cianjur : Apakah Ingin Tahu ? Beginilah Wujud Asli Stempel Pangeran Hidayatullah dari Kesultanan Banjar dan bisa dilihat dalam photo berikut (23/9/2018).

Sempel berasal dari bahasa Belanda, yakni sebuah benda atau alat yang dipermukaannya berukir bisa berbentuk gambar, tulisan atau keduanya dan benda ini dapat menghasilkan cap. Stempel ini berfungsi sebagai pengesahan atas suatu kesepakatan atau perjanjian.

 

 

Stempel bisa mengandung makna kehadiran seorang raja, kepala negara, kelompok, lembaga atau institusi dan lainnya. Untuk di masalalu stempel bisa terbuat batu, logam atau batu semi permata yang dicetak terbalik. Bahkan, pada masa kerajaan ada yang berupa cincin di tangan raja atau kaisar.

Stempel juga dikenal di masa kejayaan Kesultanan Banjar dan dipakai oleh Sultan Adam dan keturunannya. Stempel juga digunakan Pangeran Hidayatullah dari Kesultanan Banjar dan ia simpan dan bawa kepengasingan, hingga wafat. Selanjutnya stempel asli ini diwariskan kepada keturunannya, yakni Pangeran Yusuf di Cianjur, Jawa Barat.

Untuk mengetahui bagaimana bentuk sesungguhnya stempel Pangeran Hidayatullah dari Kesultanan Banjar tentu sangat sulit. Namun untuk sekedar ingin melihatnya wujud asli stempel tersebut bisa dengan melihat photo yang dipasang ini.

 

Baca juga  BIOGRAFI SULTAN HAJI KHAIRUL SALEH AL- MU'TASHIM BILLAH

Related posts

Mengenal Rumah Adat Banjar

admin

BIOGRAFI SULTAN HAJI KHAIRUL SALEH AL- MU’TASHIM BILLAH

admin

Inilah Tempat Pangeran Hidayatullah Ditawan

admin

Persiapan Haul Datu Abulung 1439 H

admin

Surat Sultan Banjar kepada James Brooke

admin