KBK – Kantor Berita Kalimantan

Dandim Martapura Sampaikan Kesiapan TNI Amankan Pemilu Sesuai RoE

Image default
Politik

Martapura : Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto berikan pengarahan pengamanan pemilu 2019 kepada jajarannya. Arahan yang disebut Rule of Engagement (RoE) ini terkait aturan dan pelibatan TNI dalam pengamanan, Senin (11/2/2019).

Letkol Arm Siswo Budiarto dalam pemaparannya di Aula Makodim Martapura menyampaikan, perintah Panglima TNI agar setiap Prajurit menyiapkan diri untuk berperan aktif menyukseskan pemilu 2019. Baik itu pemilu legislatif maupun pemilu presiden pada Bulan April 2019 dan berkewajiban menjamin Netralitas seluruh personel TNI.

Pada kesempatan ini juga disampaikan agar prajurit senantiasa siap dalam tugas perbantuan pengamanan kepada Polri. Hal itu diharapkan agar pemilu 2019 dapat berjalan aman dan lancar.

“Kita harus selalu siap melakukan pengamanan wilayah termasuk pemilu 2019 yang segera digelar,” jelasnya.

Menurut Siswo, pedoman Prajurit TNI dalam pelaksanaan perbantuan pengamanan pemilu ada di
Aturan pelibatan Role Of Engadgement  (ROE) TNI kepada Polri. Hal itu ungkapnya tertuang dalam Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/71/VIII/2011 tentang Perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka Kamtibmas.

Ia juga menegaskan peraturan Panglima TNI tersebut menjadi pedoman pelaksanaan tugas dalam menghadapi gangguan nyata. Misalnya, gangguan keamanan berupa kejahatan atau pelanggaran yang terjadi dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

“Dengan adanya RoE tersebut, maka prajurit tidak ragu dalam bertindak dan tidak dipersalahkan telah melakukan pelanggaran hukum atau HAM. Hal itu seperti di Pasal 49 ayat 1 KUHP,” tegasnya.

Terkait Netralitas TNI dalam Pemilu 2019, Letkol Arm Siswo Budiarto menyampaikan TNI tidak boleh terlibat langsung dalam Politik praktis.

“TNI harus Netral karena TNI sebagai alat pertahanan negara yang berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri. TNI juga menangkan terhadap ancaman kedaulatan, keutuhan wilayah NKRI,” pungkas Letkol Arm Siswo Budiarto.

Baca juga  Banjir di Pengaron di Pantau Babinsa

Related posts

Demplot di Desa Sungai Rangas Hambuku

admin

Alasan Memilih Jokowi dan Alasan Memilih Prabowo Pada Pilpres 2019

admin

Danrem 101 Antasari Yang Baru Kolonel Inf Syech Ismed

admin

Dandim Martapura Apresiasi Peran PPK Pada Pemilu

admin

Paman Birin Resmikan Posko Tim Kampanye Koalisi Indonesia Kerja Daerah Provinsi Kalsel

admin

Leave a Comment