KBK – Kantor Berita Kalimantan

Dishut Kalsel Selamatkan 20 Bekantan Dari Kebun Binatang Surabaya

Image default
Publik

KBK.News – Banjarbaru : Dishut Kalsel Segera Pulangkan dan Selamatkan 20 Ekor Bekantan dari Kebun Binatang Surabaya. Selanjutnya kera berhidung panjang ini akan dikembalikan ke alam liar di salah satu pulau di Riam Kanan, Jumat (8/1/2019).

Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq pada jumpa pers di Aula Rimbawan menyampaikan, persiapan memulangkan 20 ekor bekantan dari Kebun Binatang Surabaya (KBS). Untuk itu telah dilakukan koordinasi dengan BKSDA Jawa Timur dan pihak KBS.

Menurut Hanif, ada 53 ekor bekantan di KBS dengan luas tempat hanya 1 hektar. Luasan tersebut tidak cukup untuk menampung, sehingga 20 ekor diantaranya dipulangkan ke Kalsel.

“Jumlahnya dan luasan tidak ideal, akan mengakibatkan bekantan merasa tertekan dan bahkan tersiksa,” jelasnya.

Kadishut Kalsel ini juga menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan tempat untuk melepas bekantan ke alam yang akan menjadi habitat barunya. Setelah dilakukan penelitian, maka tempat yang cocok untuk kera yang punya nama latin Nasalis larvatus tersebut di Pulau Rusa Riam Kanan.

“Pulau ini seluas 24 hektare di berada di kawasan Waduk Riam Kanan, Kabupaten Banjar. Luasan itu dapat menampung bekantan hingga 100 ekor,” tegasnya, Jum’at (8/2/2019).

Hanif memaparkan segala persiapan untuk melepasliarkan bekantan ke Pulau Rusa sudah pihaknya lakukan. Diantaranya, membersihkan area di kawasan di pulau dari hal yang dapat membahayakan bekantan.

“Pulau yang kami siapkan sebetulnya belum memiliki nama resmi, tetapi biasa disebut Pulau Rusa. Untuk nama resminya kita menunggu keputusan gubernur,” pungkas Hanif Faisol Nurofiq.

Foto : WWF

Baca juga  Gakkumdu Banjar Siap Telisik Tindak Pidana Pemilu

Related posts

Monopoli Pengadaan Buku Di Batola Dibantah Kadisdik

admin

PT. SILO Group Siap Hadapi Banding Gubernur Kalsel

admin

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Buka Lowongan Kerja

admin

GARBI Ormas Rasa Parpol di Pemilu 2019

admin

Awas Tabloid Indonesia Barokah Masuk Kalsel

admin

Leave a Comment