Nilai Tukar Rupiah Tidak Berpengaruh Terhadap Harga Ikan Asin

Image default
Budaya Ekonomi Publik

KBK-Martapura : Nilai tukar rupiah tidak berpengaruh terhadap harga ikan asin. Daya beli masyarakat masih cukup tinggi terhadap ikan asin, terutama di pasar- pasar tradisional (22/9/2018).

Sejumlah elemen masyarakat seperti mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa atau demo terkait anjloknya nilai Rupiah terhadap dolar Amerika. Aksi ini mendesak agar pemerintah menstabilkan nilai tukar rupiah. Apakah demo ini berdampak pada naik atau justru semakin turun nilai tukar rupiah?

Belum jelas jawabannya ? Namun, yang jelas harga ikan asin tetap stabil di pasar- pasar tradisional di Kalimantan Selatan. Misalnya, Harliansyah (62) pedagang ikan asin di Pasar Sungai Tabuk mengatakan, harga ikan asin dalam 3 bulan terakhir stabil belum ada kenaikan. Ia mencontohkan, harga ikan asin jenis tenggiri masih dikisaran Rp 100 ribu per kilogram.

“Pasokan ikan asin masih lancar dan harga tetap normal,” ujar Harliansyah.

Ketika ditanya apakah harga ikan asin terpengaruh dengan naiknya nilai tukar dolar atas rupiah, Harliansyah hanya tertawa dan mengaku tidak terlalu paham.

“Wah itu saya kurang paham, tapi yang jelas kami berjualan ikan asin seperti biasa saja dan belum ada kenaikan harga,” jelasnya.

Kemudian hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi di sentra penjualan dan pembuatan ikan asin di Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar. Nilai tukar rupiah sejak berada di Rp 13 ribu per 1 dolar, hingga sampai Rp 15 ribu per 1 dolar tidak berpengaruh pada harga ikan asin.

Menurut para pedagang ikan asin jenis air tawar di Desa Sungai Batang dan Desa Sungai Rangas, harga tetap, bahkan masih sama seperti tahun 2017 lalu. Misalnya, Noraida salah satu pedagang ikan asin di Sungai Batang mengatakan, harga ikan sepat masih Rp 40 ribu per kilogram, ikan haruan (Gabus) masih Rp 80 ribu per kilogram.

Baca juga  Pertumbuhan Ekonomi Kalsel Semakin Membaik

” Sekarang harganya sama seperti tahun lalu. Harga akan naik apabila ikan sudah sulit didapat dan kami tidak tahu tentang nilai tukar rupiah atau dolar,” pungkasnya.

Related posts

Mahasiswa LSISK Desak Pemerintah Perbaiki Ekonomi Indonesia

admin

Perampok Sopir Taksi Online Ditangkap Polda Kalsel

admin

Jalan di Telok Selong Amblas

admin

Festival Pasar Terapung Asli Lok Baintan 2018

admin

Pemanfaatan Lahan Tidur Tingkatkan Produksi Beras di Kabupaten Banjar

admin