Pedagang Pasar Bauntung Banjarbaru Tolak Relokasi

Image default
Budaya Ekonomi Publik Tips dan Triks

KBK-Banjarbaru : Pedagang Pasar Bauntung Banjarbaru Tolak Relokasi tempat mereka berdagang. Kalau ada berita yang menyatakan mereka setuju direlokasi dapat dipastikan adalah hoax (10/10/2018).

Pada Hari Senin, 8 Oktober 2018 sebanyak 15 orang perwakilan pedagang Pasar Bauntung Banjarbaru melakukan rapat tertutup dengan DPRD Kota Banjarbaru. Ketua Perwakilan para pedagang Pasar Bauntung Banjarbaru Hariyadi mengatakan, seluruh pedagang menolak relokasi yang diinginkan Pemko Banjarbaru.

“Berdagang disini sudah kami syukuri dengan segala kekurangan dan kelebihannya, tapi kalau kami dipindah ke tempat yang sunyi di RO Ulin, 100 persen kami tolak. Sebab sama saja akan membunuh para pedagang secara perlahan,” jelasnya (10/10/2018).

Hariyadi mencontohkan pasar yang telah dibangun pemerintah banyak yang akhirnya mubazir, karena ditinggalkan pedagang akibat sunyi dari pembeli. Padahal ungkapnya lokasi pasarnya ditengah kota, apalagi para pedagang Pasar Bauntung akan dipindah tempat yang sepi dan jauh dari jalan raya di RO Ulin tersebut.

“Banyak sudah contoh relokasi pasar yang gagal. Itu pasar subuh pedagangnya tidak pindah ke tempat yang disediakan di sekitar Giant di dekat Bapelkes. Itu Pasar Gambut juga, Pasar Sekumpul di Martapura, dan semuanya mubazir,” pungkasnya.

Kuhairuddin salah seorang pedagang mengatakan, kami tidak melarang pemerintah bangun pasar yang baru, tetapi jangan tutup pasar yang lama. Apalagi kami dipindah ketempat yang sepi.

“Biar bangunannya bagus dan lokasi ditengah kota, tapi kalau pembeli tidak ada, maka kami akan bangkrut,” tegasnya.

Terpisah, Wakil Komisi III DPRD Banjarbaru Emi Lasari mengatakan,
Pemko Banjarbaru harus duduk bersama dan memahami posisi pedagang. Sebab, merelokasi beda dengan membangun baru.

“Pendapat dan keingian pedagang merupakan sarat mutlak untuk memutuskan di lakukan relokasi atau tidak. Karena itu pemko harus membuka mata dan telinga,” jelas Legislator PAN Banjarbaru.

Baca juga  Setelah Kasus Dugaan Korupsi di Pasar Ulin

Plt Ketua DPD PAN Banjarbaru ini berharap Pemko Banjarbaru bisa bersikap lebih arif dan bijak dalam menghadapi warganya sendiri seperti pasa pedagang Pasar Bauntung. Kalau mereka menolak untuk relokasi tentu alasannya sangat rasional, dan ia akan bersama pedagang menolak relokasi tersebut.

“Kalau saya, sebagai wakil rakyat, selama pedagang tidak menyetujui relokasi, maka saya akan tetap berdiri di tengah-tengah mereka,” pungkasnya.

Related posts

PPP Banjarbaru Antar Berkas Pendaftaran Naik Odong -Odong

admin

500 Pedagang Pasar Bauntung Banjarbaru Tanda Tangan Tolak Relokasi

admin

Panti Rehabilitasi Budi Luhur di Banjarbaru

admin

Ternyata 90 Persen Pedagang Pasar Bauntung Menolak Relokasi

admin

Fasilitas Bandara Syamsuddin Noor Rusak Diterjang Angin Kencang

admin