KBK – Kantor Berita Kalimantan

Penertiban Pipa Air Liar Tambak Ikan di Irigasi Riam Kanan

Image default
Umum

KBK.News – Banjarbaru : Lebih 2000 sambungan pipa milik petambak ikan yang mengambil air irigasi Riam Kanan segera ditertibkan. Penertiban akan dilakukan Balai Wilayah Sungai Kalimantan II dan Dinas PUPR Kalsel (3/2/2019).

Pengambilan air dari saluran irigasi dilakukan bebas tanpa ada regulasi dan segera dilakukan penertiban dari Dinas PUPR Kalsel dan Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWK) II . Namun, untuk menghindari konflik sosial dengan petambak ikan yang jumlah sangat banyak, maka akan dilakukan sosialisasi sebelum penertiban dilakuan.

Berdasarkan data dari BWK II ada lebih dari 2000 sambungan pipa milik pengusaha tambak ikan yang mengambil air dari irigasi Riam Kanan. Selain itu juga pipa pengambilan air baku milik PDAM Intan Banjar dan semuanya segera ditertibkan.

PPK Daerah Irigasi Riam Kanan PUPR Kalsel Herry Ade Permana mengatakan, guna mempertahankan kuantitas air dari saluran irigasi Riam Kanan, maka akan dilakukan perbaikan dan penertiban. Hal itu dilakukan supaya air dari saluran irigasi dapat berfungsi maksimal untuk pengairan di lahan pertanian.

Menurut Herry, kebocoran yang terjadi ada yang disebabkan kerusakan dan juga akibat pengambilan air yang tanpa izin. Ia mencontohkan pengambilan air  liar oleh para pengusaha petambak ikan, sehingga kuantitas air semakin menurun.

Guna mengatisipasi hal tersebut selanjutnya jelas Herry, perlu dilakukan perbaikan saluran dan juga penertiban terhadap pipa milik petambak ikan. Namun, untuk menghindari konflik dan dan dampak sosial, maka akan dilakukan secara bertahap.

“Kita akan lakukan pembenahan dan kajian agar penyaluran air bisa terbagi dengan baik. Pengambilan air oleh petambak ikan segera dilakukan penertiban. Tetapi guna menghindari konflik sosial dilakukan bertahap,” jelasnya (31/1/2019).

Keterangan ini disampaikan Herry Ade Permana seusai menggelar jumpa pers pembersihan dan pengeringan saluran irigasi. Jumpa pers digelar di Aula PDAM Intan Banjar di Banjarbaru.

Baca juga  Jaruk Kambang Tigarun lalapan khas Banjar

Related posts

Tips Hindari Sambaran Petir

admin

Penderita DBD di Banjarbaru Meningkat 3 Orang Meninggal Dunia

admin

PN Banjarbaru Gelar Sidang Perdana Pidana Pemilu

admin

Pengeringan Irigasi Riam Kanan Terlalu Lama Rugikan Petambak Ikan

admin

Video Penangkapan Ular Phyton di Banjarbaru

admin