Site icon Kantor Berita Kalimantan

160 Personel Gabungan Disiapkan Untuk Operasi Ketupat Intan 2023 di Kabupaten Banjar

MARTAPURA – Jelang pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Intan 2023 yang digelar dari tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023, Polres Banjar melaksanakan persiapan antara lain Rapat Koordinasi antar Instansi, Jumat (14/04/2023).

Rapat Koordinasi tersebut dilaksanakan usai pelaksanaan Lat Pra Ops Kepolisian Terpusat Ketupat Intan 2023 yang dipimpin oleh Wakapolres Banjar Kompol Boma Wedhayanto Kusumo, bertempat di Aula Sarja Arya Racana Polres Banjar.

Sebagai tanda kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Intan -2023 selanjutnya akan dilaksanakan Apel Gelar Pasukan pada hari Senin (17/04/2023) bertempat di lapangan apel Polres Banjar.

Untuk mengantisipasi situasi Kamtibmas khususnya jelang, saat dan setelah perayaan lebaran Idul Fitri 1444 H / 2023 M, serta terlaksananya Mudik bagi Pemudik yang Aman, Nyaman dan Berkesan, Polres Banjar menyiapkan lokasi Rest Area bagi pemudik untuk istirahat.

” Rest Area yang disediakan yakni, Pos Pelayanan di jalan Ahmad Yani Km 14 Kecamatan Gambut dan Pos Pam merupakan Pos Pengamanan terletak di jalan Ahmad Yani Km 49 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar,” Ujar Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat Taufik, melalui Kasihumas Polres Banjar AKP H Suwarji.

Suwarji mengatakan tujuan dari pelaksanaan Operasi Ketupat Intan 2023 tersebut adalah menciptakan rasa aman untuk masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1444 H, serta terwujudnya keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

” Kemudian terwujudnya arus mudik/balik yang lancar, serta menurunnya jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Terkait jumlah personel Ops Ketupat Intan 2023, Suwarji menyebutkan ada sebanyak 160 personil terdiri dari 88 personel Polri, 12 personil TNI, 12 personel Satpol PP, 12 personil BPBD, 12 personil Dinkes , 12 personel Pemadam Kebakaran, dan 12 personel Dishub Kabupaten Banjar.

” Adapun yang bertugas di Pos Pelayanan dan Pos Pam Ops Ketupat Intan 2023, oleh personel Polri ada sebanyak 32 orang dan personel dari instansi terkait sebanyak 24 orang,” sebutnya.

Suwarji yang biasa disapa Bang Aji menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran, sebelum berangkat agar memastikan kondisi badan sehat, cek kendaraan pastikan layak untuk dikendarai, dan taati aturan berlalu lintas.

” Bila lelah atau mengantuk jangan memaksakan diri, carilah tempat istirahat yang aman dan nyaman di rest area yang telah disediakan pemerintah/kepolisian, cek juga kelengkapan surat-menyurat atau identitas diri, serta pastikan sebelum ditinggal semua peralatan listrik dan ledeng off dan pintu serta jendela rumah sudah terkunci. Semoga perjalanan mudik aman, nyaman dan berkesan,” tutupnya.

Exit mobile version