DAERAH

Ajukan Nota Pembelaan, Penasihat Hukum HBA Sebut Terdakwa Kasus Ijazah Palsu Adalah Korban

MARTAPURA – Penasihat Hukum Terdakwa HBA Pembakal yang didakwa menggunakan ijazah palsu saat Pilkades 2021, mengajukan Nota Pembelaan (Pledoi) kepada Majelis Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Martapura, Kamis (16/3/2023) siang.

Sidang yang dipimpin oleh Iwan Gunaedi selaku Hakim Ketua tersebut mengagendakan pembacaan Pledoi (Nota Pembelaan) dari Penasihat Hukum Terdakwa HBA, Supiansyah Darham dan Hadi Permana.

Supiansyah Darham selaku Penasihat Hukum berkeyakinan dan menyimpulkan bahwa kliennya tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan pada dakwaan Kedua Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banjar.

” Memastikan bahwa Terdakwa HBA berupaya dan beritikad baik dan tidak ada niat sedikitpun untuk memalsukan ijazah. Andai saja dari pihak Tata Usaha (TU) Pondok Pesantren bersikap lebih bijaksana maka kasus ini tidak akan terjadi,” ujar Supiansyah Darham saat membacakan Pledoi kepada Majelis Hakim.

Sementara itu, Hadi Permana yang juga sebagai Penasihat Hukum HBA, menyampaikan bahwa kliennya merupakan korban dari sistem manajemen yang buruk di pondok pesantren.

” Sebenarnya beliau (HBA) tidak bisa dijadikan terdakwa, malahan beliau merupakan korban dari sistem manajemen yang buruk oleh pihak sekolah,” jelas Hadi Permana usai sidang.

Dirinya membeberkan dasar pengajuan pembuatan surat keterangan pengganti ijazah tersebut dibuat HBA berdasarkan dari desakan masyarakat yang meminta HBA untuk kembali mencalonkan diri menjadi Kepala Desa (Pembakal).

” Oleh karena itu, HBA membuat surat tersebut bukan untuk kepentingan pribadi, namun karena itikad baik atas desakan masyarakat yang meminta dirinya untuk mencalonkan diri menjadi pembakal,” pungkasnya.

Nota Pembelaan yang dibacakan oleh Penasihat Hukum Terdakwa belum bisa ditanggapi oleh JPU Kejari Kabupaten Banjar, sehingga sidang ditunda pada Selasa (21/3/2023) dengan agenda tanggapan JPU atas Nota Pembelaan Penasihat Hukum.

Rizal News

Recent Posts

Polda Kalsel Resmi Pindah Markas ke Banjarbaru

KBK.News, BANJARBARU - Polda Kalsel menggelar upacara perpindahan Markas Komandan, upacara tersebut ditandai dengan berpindahnya… Lanjutkan Membaca

19 menit ago

Mulai Besok Jamaah Haji Asal Kalsel Pulang Ke Tanah Air

KBK.NEWS, MADINAH - Mulai besok jamaah haji Kalsel gelombang pertama debarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin pulang… Lanjutkan Membaca

3 jam ago

Karhutla Mulai Terjadi di Wilayah Tumbang Nusa Kalteng

KBK.NEWS, PULANG PISAU - Ancaman Karhutla mulai terjadi di Kalimantan Tengah (Kalteng) kebakaran terpantau di… Lanjutkan Membaca

4 jam ago

Piala Eropa, Gol Bunuh Diri Italia Loloskan Spanyol

KBK.NEWS, GELSENKIRCHEN - Gol bunuh diri bek Italia, Riccardo Calafiori di menit ke-55 pastikan Timnas… Lanjutkan Membaca

7 jam ago

HM Iqbal : Penanganan Stunting di Kabupaten Banjar Belum Maksimal Karena Kurang Koordinasi Antar Instansi

KBK.News, MARTAPURA - Beberapa instansi yang melakukan penanganan stunting di Kabupaten Banjar dianggap kurang kerjasama… Lanjutkan Membaca

10 jam ago

Besok, Markas Polda Kalsel Secara Resmi Akan Pindah ke Banjarbaru

KBK.News, BANJARBARU - Besok, Jumat (21/6/2024) seluruh Anggota Polda Kalsel akan berkantor di Markas yang… Lanjutkan Membaca

1 hari ago