Site icon Kantor Berita Kalimantan

Akhirnya, Bus Trans Banjarbakula Perpanjang Rute Hingga Martapura

Bus Trans Banjarbakula di salah satu halte. (Foto : Istimewa)

KBK.News, MARTAPURA – Bus Trans (BTS) Banjarbakula per 1 September secara resmi melakukan perpanjangan rute baru yakni menuju Terminal H Soemarsono Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Ponpes Darussalam Martapura Kabupaten Banjar, dan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala (Batola).

“Penambahan rute ini sesuai pesan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin, yang mana beliau menginginkan agar pelayanan angkutan umum massal di Banjarbakula tetap bisa terlayani untuk masyarakat dan terus berkembang,” ujar Kepala Dishub Kalsel, M Fitri Hernadi, Senin (2/9/2024).

Selain itu, penambahan rute ini tentu saja agar mempermudah pelayanan kepada masyarakat pengguna angkutan umum. Bus Tayo sudah memberikan pelayanan bagi masyarakat yang memerlukan transportasi umum.

“Tujuan ke Ponpes Darussalam Martapura Kabupaten Banjar, dan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala (Batola) sebelumnya belum ada arah kesana. Sehingga hadirnya rute baru tentu sangat membantu pengguna angkutan umum,” jelas Fitri

Selanjutnya, untuk pelayanan dari Terminal Gambut Barakat Kilometer 17 Kabupaten Banjar hanya sampai di titik tujuan Kecamatan Batibati yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Pelaihari. Namun kini pelayanan BRT hingga Terminal H Soemarsono PA di Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tala, pulang pergi (PP).

Untuk tarif BTS Banjarbakula sebesar Rp5 ribu per orang, sesuai peraturan daerah. Namun tetap ada tarif khusus untuk pelajar, lansia (lanjut usia) dan disabilitas serta nantinya pembayaran menggunakan e-money.

“Ke depan akan diintegrasikan dengan BRT serta pengumpan dari kabupaten/kota di Banjarbakula,” pungkasnya.

Sumber : MC Kalsel

Exit mobile version