Kantor Berita Kalimantan
Home » Antisipasi Covid-19 Banjarbaru Siaga Darurat Bencana Non Alam
DAERAH

Antisipasi Covid-19 Banjarbaru Siaga Darurat Bencana Non Alam

FB IMG 1584357368867
FB IMG 1584357368867

Pemko Banjarbaru bentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin langsung Sekda Kota Banjarbaru selaku Kepala BPBD (16/3/2020).

Pemerintah Kota Banjarbaru bergerak cepat untuk mengantisipasi agar warganya tidak tertular virus corona atau Covid-19. Hal ini tergambar dalam rapat koordinasi (Rakor) yang dipimpin Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani tadi siang di Aula Gawi Sabarataan, Balaikota Banjarbaru.

Nadjmi Adhani mengatakan, ada beberapa langkah yang pihaknya lakukan untuk melindungi seluruh Warga Kota Banjarbaru dari infeksi Covid-19. Langkah tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Membentuk gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dikomandani Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru selaku Kepala BPDB Kota Banjarbaru.
  2. Menetapkan status Banjarbaru Siaga Darurat Bencana Non Alam
  3. Semua SKPD di Lingkungan Pemko Banjarbaru dianjurkan untuk mengambil langkah antisipasi sesuai dengan tupoksinya masing-masing.
  4. Proses belajar-mengajar di sekolah tetap berjalan seperti biasa.  Namun dianjurkan menjaga kontak fisik, termasuk kegiatan bersalam-salaman antara guru dan murid.
  5. Menangguhkan semua perjalanan dinas ke luar daerah, kecuali untuk urusan yang sangat penting.
  6. Bagi ASN di Pemko Banjarbaru, pelaksanaan apel pagi tetap dilaksanakan seperti biasa, dan absensi dilakukan secara manual (meniadakan sementara aturan absensi menggunakan mesin finger).
  7. Untuk SKPD yang mengelola pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka perlu memberikan rasa aman kepada pegawai dan masyarakat. Untuk otu perlu dilakukan penyemprotan kantor dengan desinfektan secara berkala dan menyediakan cairan pembersih tangan atau untuk mencuci tangan. 
  8. Kepada Dinas Perdagangan melakukan monitoring kebutuhan pokok di pasar.
  9. Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi dan promosi untuk mengedukasi masyarakat terkait penanganan Covid-19.
  10. Rumah Sakit Umum Daerah Idaman akan membentuk Satgas  dan membuat SOP penanganan Covid-19, serta mempersiapkan logistik yang dibutuhkan.
BACA :   Pembangunan Mayapada Center Di Kabupaten Banjar Punya Izin Lengkap

Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani juga menyampaikan himbauan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Selanjutnya ia meminta agar masyarakat tetap waspada dengan melindungi diri dan keluarga dari infeksi Covid-19.

“Ayo kita bergandengan tangan, bersama-sama melindungi Banjarbaru dan Kalimantan Selatan agar terhindar dari Covid-19,” pungkas Nadjmi Adhani.

Leave a Comment

KANTOR BERITA KALIMANTAN
KBK - Kantor Berita Kalimantan Info Khas Kalimantan
error: Content is protected !!