NASIONAL

Antisipasi Dampak El Nino, Wakapolri Pimpin Panen dan Tanam Padi di Desa Penggalaman

MARTAPURA – Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Agus Andrianto lakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat, Selasa (3/10/2023) pagi.

Kedatangan Wakapolri tersebut, disambut dan dihadiri oleh Gubernur Kalsel, Kapolda Kalsel, Forkopimda Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Bupati Banjar, Wakil Bupati Banjar, Ketua DPRD Banjar, Kapolres Banjar, Forkopimda Banjar, dan tamu undangan lainnya.

Tamu undangan kedatangan Wakapolri ke Desa Penggalaman. (Foto : Rizal)

Wakapolri saat kunjungannya, mengapresiasi atas apa yang telah dikerjakan Pemprov dan Pemkab Banjar untuk mendukung gerakan kerja nasional dan membangun ketahan pangan di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satunya panen raya dan tanam ulang. Sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Jokowi krisis pangan mengancam hampir diseluruh negara, bahkan 20 negara lebih melarang eksplor pangannya ke negara lain.

”Kita harus bersyukur atas apa yang diberikan Allah SWT seperti alamnya yang luar biasa indah, subur dan memiliki kekayaan baik didarat maupun laut. Tentunya ini merupakan berkah untuk kita, sehingga kita bisa mengoptimalkan dengan sebaik-baiknya maka akan menjadi salah satu negara yang mampu bukan hanya menopang kebutuhan pangan dalam negeri tetapi juga dunia,” ujar Komjen Pol Agus Andrianto.

Ia berharap dengan dukungan masyarakat, wilayah-wilayah produktif yang tidak bisa dibudidayakan untuk membangun ketahan pangan, melalui Bupati/Walikota yang ada didaerah agar bisa mengimbau dan mendorong masyarakat membangun komunitas pelestarian lingkungan hidup yang nantinya akan mendapatkan value dari emisi karbon.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyebut keberhasilan sektor pertanian khususnya di musim kemarau ditengah adanya fenomena El nino yang ditandai dengan panen raya dan tanam padi ini tidak lepas dari berbagai pihak.

“Mulai dari petani sebagai ujung tombak, pemerintah daerah dan kabupaten/kota, penyuluh serta dari jajaran TNI Polri,” ucap Paman Birin.

Sementara Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, Kabupaten Banjar yang dikenal sebagai “Kindai Limpuar” telah lama menjadi kebanggaan Kalsel, terutama dalam hal produksi padi. Desa Penggalaman, di Kecamatan Martapura Barat, termasuk lumbung padi dengan luas sawah mencapai lebih dari 5.106 hektar.

” Kegiatan panen padi dan menanam padi, dapat dimaknai sebagai manifestasi semangat gotong-royong dan kerja sama yang telah menjadi ciri khas masyarakat Banjar. Dalam kegiatan ini, Kita menanam padi varietas sentani, yang merupakan varietas benih unggul, di lahan seluas 1 hektar. Sementara itu, padi varietas siam madu, varietas lokal pendek, dipanen dari lahan seluas 1 hektar. Luas panen ini masih merupakan sebagian kecil dari potensi yang kita miliki,” papar Saidi.

Saidi menjelaskan, saat ini luas tanam padi di Kabupaten Banjar untuk musim tanam tahun 2022/2023 mencapai 56.701 hektare. Hingga bulan September 2023, luas panen telah mencapai 49.299 hektare dengan perkiraan produksi mencapai 167.616 ton gabah kering gabah (GKG) dengan produktivitas rata-rata 3,4 ton per hektare.

Lebih jauh dirinya menyatakan target Gerakan Nasional di Kabupaten Banjar adalah 981 hektare. Hingga saat ini, usulan dari kelompok tani sudah mencapai 1.841 hektare, termasuk dari kegiatan bantuan GERNAS sebesar 864 hektare dan kegiatan pengembangan padi rawa seluas 977 hektare.

“Mari kita jadikan Kabupaten Banjar sebagai contoh keberhasilan dalam mencapai swasembada pangan, meskipun dihadapkan dengan berbagai tantangan. Dengan semangat gotong-royong dan kerja keras, saya yakin kita akan mencapai keberhasilan,” pungkasnya.

Rizal News

Recent Posts

Polda Kalsel Resmi Pindah Markas ke Banjarbaru

KBK.News, BANJARBARU - Polda Kalsel menggelar upacara perpindahan Markas Komandan, upacara tersebut ditandai dengan berpindahnya… Lanjutkan Membaca

2 jam ago

Mulai Besok Jamaah Haji Asal Kalsel Pulang Ke Tanah Air

KBK.NEWS, MADINAH - Mulai besok jamaah haji Kalsel gelombang pertama debarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin pulang… Lanjutkan Membaca

4 jam ago

Karhutla Mulai Terjadi di Wilayah Tumbang Nusa Kalteng

KBK.NEWS, PULANG PISAU - Ancaman Karhutla mulai terjadi di Kalimantan Tengah (Kalteng) kebakaran terpantau di… Lanjutkan Membaca

5 jam ago

Piala Eropa, Gol Bunuh Diri Italia Loloskan Spanyol

KBK.NEWS, GELSENKIRCHEN - Gol bunuh diri bek Italia, Riccardo Calafiori di menit ke-55 pastikan Timnas… Lanjutkan Membaca

9 jam ago

HM Iqbal : Penanganan Stunting di Kabupaten Banjar Belum Maksimal Karena Kurang Koordinasi Antar Instansi

KBK.News, MARTAPURA - Beberapa instansi yang melakukan penanganan stunting di Kabupaten Banjar dianggap kurang kerjasama… Lanjutkan Membaca

11 jam ago

Besok, Markas Polda Kalsel Secara Resmi Akan Pindah ke Banjarbaru

KBK.News, BANJARBARU - Besok, Jumat (21/6/2024) seluruh Anggota Polda Kalsel akan berkantor di Markas yang… Lanjutkan Membaca

1 hari ago