Site icon Kantor Berita Kalimantan

ASN Kabupaten Banjar Mulai Ramai Mutasi Ke Pemprov Kalsel

Ahmad Solhan, Mantan Kadis PUPR Kabupaten Banjar.

MARTAPURA – Sebagian ASN Kabupaten Banjar mulai ramai mutasi ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan salah satunya mantan Kadis PUPR Ahmad Solhan, Kamis (3/1/2022).

Awal Bulan Januari 2022, Bupati Banjar H Saidi Mansyur melantik Ahmad Solhan sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Rabu (12/1/2022). Namun, belum satu bulan menjabat, Ahmad Solhan yang sebelumnya juga sebagai Kepada Dinas PUPR ini mengajukan pindah atau mutasi ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel.

Ahmad Solhan, ketika dikonfirmasi membenarkan, bahwa permohonan mutasinya ke Pemprov Kalsel ditanggapi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (Paman Birin) dengan memberikan persetujuan.

“Alhamdulillah izin mutasi saya ke Pemprov Kalsel disetujui Paman (H Sahbirin Noor). Kemarin permohonan mutasi saya juga telah disetujui Bupati Banjar H Saidi Mansyur,” jelasnya, Kamis (3/2/2022).

Solhan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang dengan cepat menerima dan menyambutnya untuk mengabdi di Pemprov Kalsel. Selain itu juga ia mengaku bersyukur karena kepindahannya dari Pemkab Banjar didukung dan didoakan para ulama dan para guru.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Paman Birin dan juga para ulama dan guru, karena prosesnya mutasi atau kepindahan saya berjalan cepat dan lancar,” ungkapnya.

Ahmad Solhan menuturkan alasan mutasi ke Pemprov Kalsel, diantaranya ingin mengabdikan diri di tempat yang lebih luas dan besar. Selain itu juga agar sesuai dengan latar belakang keilmuan atau pendidikan yang dimiliki agar bisa bekerja lebih profesional dan menjadi ladang ibadah.

“Pendidikan saya sejak D3 sampai S2 dibiayai oleh pemerintah (Beasiswa) dan diterapkan sesuai dengan bidangnya. Karena dibiayai pemerintah, maka agar tidak mubazir saya bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan agar bisa bekerja lebih profesional, sehingga hasilnya baik dan bernilai ibadah,” tegas mantan Kadis PUPR Kabupaten Banjar ini.

Pada bagian akhir S2 sarjana teknik sipil ini mengungkapkan, Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian PUPR menghentikan program beasiswa untuk ASN di Dinas PUPR di seluruh Indonesia. Salah satu alasannya, karena setelah mereka kembali di daerah ditempatkan tidak sesuai dengan keahliannya.

“Itu salah satu alasannya mengapa Kementerian PUPR menghentikan beasiswa belajar,” tandasnya.

Beberapa bulan sebelumnya, Ahmad Solhan mengikuti fit and propert test untuk jabatan sebagai Kadis PUPR Kabupaten Banjar. Setelah itu ia terpilih dan dilantik Bupati Banjar H Saidi Mansyur melantik Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ( JPT ) eselon II, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kabupaten Banjar, di Mahligai Sultan Adam lantai 2, Jumat (23/4/ 2021).

Namun, hanya sekitar 8 bulan menjabat, ia kemudian di pindah dan dilantik Bupati Banjar H Saidi Mansyur sebagai Kepala BPBD Kabupaten Banjar.

Berdasarkan data BKPSDM Kabupaten Banjar tercatat sebanyak 36 ASN telah mengajukan usulan mutasi sepanjang 2021, akan tetapi hanya 13 ASN di antaranya yang telah disetujui .

 

Exit mobile version