Site icon Kantor Berita Kalimantan

AWARDS UNTUK KABUPATEN BANJAR

Presiden Bangga Kebijakan Kesehatan Kabupaten Banjar

* Raih MDGs Award 2012

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya terhadap daerah- daerah yang bekerja keras meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terlibat aktif mendukung program MDGs.

“Negara sangat mengapresiasi daerah yang bekerja keras meningkatkan derajat kesehatan rakyat dan menjadikan masyarakat sebagai pilar utama,” papar SBY saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan dan Pemberian Penghargaan Millennium Development Goals (MDGs Awards), di Conrad Hotel, Bali, Selasa (26/3).

Presiden SBY mengatakan, program pembangunan di bidang kesehatan merupakan aset strategis bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Semua daerah dituntut untuk bersinergis dengan pemerintah dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat, Cerdas dan Berkualitas.

Dari 661 program yang terdaftar pada Panitia MDGs 2012, panitia menetapkan 44 daerah yang dinilai berhak atas Sertifikat Nominator MDGs Awards 2012. Dan Kabupaten Banjar tercatat sebagai daerah satu satunya di Kalimnatan Selatan meraih penghargaan Sertifikat Nominator MDGs 2012.

“Alhamdulillah melalui program Arisan Jamban yang kita laksanakan sejak 2008 didukung partisipasi tinggi masyarakat, daerah kita terpilih sebagai satu-satunya daerah di Kalsel peraih Sertifikat Nominator MDGs Awards 2012 untuk layanan air bersih dan sanitasi,” ucap syukur Bupati Khairul Saleh, usai menerima Sertifikat Nominator MDGs Award 2012.

Diutarakan Bupati Khairul Saleh, prestasi tersebut merupakan prestasi masyarakat Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Banjar yang selama ini berperan aktif dalam upaya meningkatkan pola hidup sehat melalui program arisan jamban.

Jumlah jamban di permukiman penduduk terutama di kawasan bantaran sungai masih cukup besar. Melalui arisan jamban diharapkan jumlahnya akan berkurang dengan harapan kesadaran masyarakat terhadap kepemilikan jamban yang bersih dan sehat akan meningkat.

“Program arisan jamban akan kita perluas pada permukiman yang tinggal di bantaran sungai di kecamatan lain . Ini dalam rangka peningkatan derajat kesehatan mayarakat melalui pola penanaman kesadaran hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Didampingi Plt Asisten I Setda Banjar Azwar SH, MSi dan Kepala Dinas Kesehatan Drg Yasna Khairina, Bupati Khairul Saleh mengatakan pemerintah daerah akan tetap bekerja keras meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program-program kesehatan yang terpadu.

Plt Asisten I Bidang Pemerintahan Azwar SH, MSi menambahkan, pada acara Pembukaan dan Penghargaan MDGs Awards 2012, selain dihadiri Presiden SBY juga dihadiri para menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2.

“Penyerahan Sertifikat Nominator MDGs 2012 atas nama Presiden RI diserahkan Prof Dr Nila F Moeloek, Utusan Khusus Presiden RI untuk Millennium Development Goals,” terang Azwar.

Exit mobile version