DAERAH

Bakesbangpol Kalsel Gelar Sosialisasi Pilkada 2024 Bersama Insan Pers

KBK.News, BANJARMASIN – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan, Heriansyah mengajak kepada insan pers Banua agar dapat berpartisipasi dalam tahapan dan pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang, Selasa (9/7/2024).

Hal tersebut dinyatakan Heriansyah, saat Sosialisasi Pilkada Tahun 2024, dengan tema peran media masa dalam Pilkada Tahun 2024, di Pop Hotel Banjarmasin.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh 100 insan pers Banua, termasuk pula pengurus organisasi kewartawanan di Kalsel kemudian dilakukan diskusi yang menghadirkan tiga orang narasumber, diantaranya Anggota KPU Kalsel, M Fahmi Failasopa, Ketua Bawaslu Kalsel, Aries Mardiono, dan Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie.

“Semoga apa yang kita laksanakan dan dapatkan hari ini bisa memberikan bahan renungan kepada kita agar berpartisipasi dalam Pilkada serentak tahun 2024 ini yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat Kalsel,” ujar Heriansyah.

Ia juga mengharapkan kegiatan tersebut bisa menjadi sarana sosialisasi dan informasi, dan media massa diharapkan ikut menciptakan proses Pilkada yang adil, jujur, dan damai.

Media diharapkan menghasilkan karya jurnalistik yang selalu berpegang pada prinsip jurnalisme yang profesional dan beretika, agar bisa berperan optimal, media musti memberi dukungan terhadap pelaksanaan Pilkada sebagai alat legitimasi yang demokratis untuk memilih pemerintahan dukungan rakyat.

“Dengan meningkatkan kepedulian publik terhadap Pilkada, media musti terlibat secara kritis ikut menguji calon-calon yang terbaik, dengan memberikan gambaran yang lengkap, seimbang, dan akurat tentang calon-calon tersebut dengan tetap bersikap independen,” paparnya.

Keberhasilan pelaksanaan Pilkada tentu diharapkan oleh semua orang, salah satu kesuksesan Pilkada tidak terlepas dari peran media massa.

“Tanpa kehadiran media massa, tahapan-tahapan pilkada serentak ini tidak bisa terpublikasi dengan baik, maka media massa mempunyai peran strategis untuk menerbitkan atau menyiarkan semua tahapan Pilkada 2024,” ucap Heriansyah.

“Berita bohong di media sosial menjadi salah satu tantangan dalam penyelenggaran Pilkada, pada segmen inilah peran media massa penting untuk menangkal berita bohong dengan cara menyajikan informasi yang edukatif dan berimbang,” tutupnya.

Rizal News

Recent Posts

Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 9,5 Ton Oli Palsu

KBK.News, BANJARMASIN - Ditreskrimsus Polda Kalsel menggelar press rilis pengungkapan kasus pembuatan oli oplosan (Palsu)… Lanjutkan Membaca

11 jam ago

Calon Bupati Banjar Syaifullah Tamliha Siap Adu Gagasan Cerdas Bangun Kabupaten Banjar

KBK.NEWS, MARTAPURA - Hadapi Pilbup Banjar 2024, Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha menawarkan adu… Lanjutkan Membaca

20 jam ago

Agar Tidak Disalahgunakan, Polsek Banjarbaru Utara Musnahkan 19 Batang Pohon Kecubung

KBK.News, MARTAPURA - Polsek Banjarbaru Utara menggelar pemusnahan pohon kecubung yang tumbuh di wilayah hukumnya,… Lanjutkan Membaca

20 jam ago

Pemprov Kalteng Lakukan Pencegahan Abrasi Pantai Dengan Vegetasi Tanaman Bakau

KBK.NEWS, SUKAMARA - Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon atau Vegetasi Tanaman bakau (mangrove) guna mengatasi… Lanjutkan Membaca

21 jam ago

Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Banjar Gelar Operasi Patuh Intan 2024

KBK.News, MARTAPURA - Selama 14 Hari, Polres Banjar akan menggelar Operasi Patuh Intan 2024. Operasi… Lanjutkan Membaca

22 jam ago

Diduga Korupsi Kuota Haji KPK Didesak Tangkap Menteri Agama

KBK.NEWS, JAKARTA - Ketua Umum PP PERISAI, Chandra Halim mendesak KPK menangkap Menteri Agama dan… Lanjutkan Membaca

1 hari ago