Bangun Ekonomi UMKM, Pemkab Banjar Menggelar Festival Cinta Kabupaten Banjar

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP), menggelar kegiatan Festival Cinta Kabupaten Banjar, di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Selasa (31/10/2023) sore.

Festival tersebut dibuka oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas, unsur Forkopimda, Direktur Perusahaan Daerah, pejabat di lingkungan Pemkab Banjar dan sejumlah undangan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah mengatakan, menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya Festival Cinta Kabupaten Banjar tahun 2023.

Menurutnya Ikhwansyah, festival ini bukan hanya sekadar kumpul-kumpul atau pameran produk tetapi merupakan cermin dari semangat kebersamaan dalam membangun ekonomi kerakyatan yang kokoh dan berkelanjutan.

Ikhwansyah menuturkan festival ini tidak hanya menjadi ajang promosi lokal, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun sinergi antar pemerintah, sektor swasta dan masyarakat.

”Melalui kolaborasi yang efektif kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM, Koperasi dan Bumdes di Kabupaten Banjar,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar Kencana Wati mengatakan, tujuan digelarnya Festival Cinta Kabupaten Banjar adalah untuk memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM agar produknya semakin dikenal oleh publik.

Sehingga, Harap Kencana Wati, kedepan pelaku UMKM di Kabupaten Banjar yang terlibat bisa semakin maju dan turut mensejahterakan ekonomi masyarakat.

Kepala DKUMPP Banjar, Kencana Wati. (Foto : Rizal)

Ia menyebutkan ada Sebanyak 59 stand pelaku UMKM ambil bagian pada even ini yang digratiskan oleh panitia penyelenggara.

”Tentunya pemerintah daerah memberikan peluang kepada UMKM untuk memperluas jaringan bisnis serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola bisnisnya, Melalui kompetisi dan umpan balik dari konsumen diharapkan pelaku UMKM dapat meningkatkan kualitas produk dan layanannya,” tutupnya.

Festival Cinta Kabupaten Banjar tahun 2023 akan digelar selama 5 hari hingga 4 November mendatang. Kegiatan ini dimeriahkan dengan beberapa kegiatan seperti expo bazar UMKM, expo bazar PKK, talk show, pembacaan syair maulid dan tausiah.

Mungkin Anda Menyukai