UMUM

Banjar Gelar Festival Santri 2018

Martapura – Festival Santri Tahun 2018 Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Banjari yang diikuti 1406 santri dari 80 Taman Pendidikan Al Quran se-Kabupaten Banjar ramaikan kegiatan ini di  Martapura(31/03/2018).

Festival ditandai dengan pelepasan peserta pawai oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj. Raudhatul Wardiyah, Sofwat Hadi anggota DPD RI, Kepala Kementrian Agama kabupaten Banjar Izzudin, dan Camat Martapura Achmad Junaidi.

Bupati Banjar H Khalilurrahman dalam sambutannya menyatakan menyambut baik dengan dilaksanakannya festival dan parade santri Taman Pendidikan Al-Qur’an. Sementara menurutnya hal ini dapat menjadi sarana syiar Islam, sekaligus untuk memunculkan dan mengasah potensi bakat anak.

“Pemerintah Kabupaten Banjar sangat mendukung pelaksanaan Festival Taman Pendidikan Al-Qur’an se-Kabupaten Banjar ini karena acara ini dapat menjadi media untuk memelihara budaya Islam yang sudah ada sejak dulu di tengah masyarakat Kabupaten Banjar. Selain itu melalui Festival ini kita harapkan menjadi sarana untuk membekali anak-anak kita dengan akhlak yang mulia, karena festival santri ini banyak kegiatan positif yang memberikan pembinaan syiar Islam dan Al-quran,” ujar guru Khalil sapaan akrab beliau.

Bupati Banjar juga menyampaikan,bahwa pada festival santri kali ini diikuti 80 TPQ dan lebih dari 200 orang anak akan mengikuti berbagai lomba, seperti lomba adzan, menghafal doa-doa pendek, lomba tartil, tilawah, tahfidz dan lomba busana muslim.

Kemudian Ketua pelaksana festival Muhammad Hasanuddin mengatakan, acara festival ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Hari Sabtu dan Minggu dan digelar di di SDN Jawa 5. Sedangkan untuk peserta adalah TPQ yang ada dikabupaten Banjar.

“Kalau untuk tahun kemarin ada beberapa TPQ yang tidak ikut, namun pada tahun ini diikuti oleh seluruh TPQ,” pungkasnya.

Editor :

Penulis :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *