Site icon Kantor Berita Kalimantan

Banjir Di Sungai Loban Tanbu Mulai Surut

BATULICIN – Kecamatan Sungai Loban di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan dilanda banjir akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi dalam 2 hari.

Tingginya curah hujan yang terjadi pada HariJumat hingga Sabtu (23-24/2022) menyebabkan Sungai Loban meluap dan bencana banjir terjadi. Daerah yang paling terdampak adalah Desa Damkar Indah dan Sari Mulya, Kecamatan Sungai Loban dengan ketinggian mencapai 1 meter.

Hal tersebut dibenarkan Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu, Suhardi.

“Ada 33 unit rumah warga yang terendam banjir. Jumlah korban yang terdampak di Desa Damar Indah tercatat 33 kepala keluarga dengan 109 Jiwa, dan di Desa Sari Mulya sebanyak 9 kepala keluarga atau 36 jiwa,” jelas Sulhadi, Minggu (25/9/2022).

Menurut Suhardi, banjir di Sungai Loban ini mengakibatkan sebagian warga mengungsi ke rumah keluarga atau tetangga yang tidak terendam banjir. Selain itu juga banjir telah merendam ruas jalan nasional dan provinsi, sehingga arus lalulintas sempat terganggu.

Untuk membantu korban terdampak banjir ini, beber Suhardi, selain mendirikan dapur umum, pihaknya juga menyalurkan bantuan sembako. Kemudian juga BPBD Tanbu telah menyiapkan sejumlah perahu karet untuk membantu warga.

“Berdasarkan pemantau air mulai surut,” pungkas Kalak BPBD Tanbu ini.

Foto BPBD Tanbu

Exit mobile version