Site icon Kantor Berita Kalimantan

Banjir Hebat Di Mahakam Ulu, Fasilitas Pelayanan Publik Lumpuh

KBK.NEWS, Ujoh Bilang – Hingga hari keempat bencana banjir hebat dan makin parah terjadi di Kabupaten Mahakam Ulu dan ketinggian air mencapai lebih 3 meter lumpuhkan pelayanan publik, Kamis (16/5/2024).

Kabar memprihatinkan datang dari wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), karena salah satu daerah, yakni Kabupaten Mahakam Ulu dilanda bencana banjir hebat dan parah. Dilaporkan ketinggian air di Mahakam Ulu ini mencapai lebih dari 3 meter.

Dari foto dan video yang beredar luas di jejaring sosial terlihat sejumlah fasilitas publik terendam banjir dan pelayanan menjadi lumpuh. Bencana banjir di Mahakam Ulu terjadi di seluruh kecamatan (5 kecamatan).

Akibat bencana banjir di Mahakam Ulu ini sebagian masyarakat yang menjadi korban terisolasi dan diungsikan. Akses jalur darat juga seperti terputus akibat dikepung banjir dahsyat dan parah di wilayah Kalimantan Timur ini.

Pemerintah Provinsi Kaltim melalui BPBD setempat mulai mengerahkan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban. Bantuan berupa evakuasi dan penyaluran makanan terus dilakukan BPBD Pemprov Kaltim.

Bencana banjir ini diduga akibat tingginya curah hujan dan berlangsung lama di hampir seluruh Mahakam Ulu.

Belum ada keterangan penyebab bencana banjir seperti terjadinya kerusakan lingkungan di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu.

Exit mobile version