DAERAH

Bantu Wujudkan Mimpi Desa, Lakpesdam PBNU Gelar Diskusi Bersama Kades dan Perangkat Desa

KBK.News, MARTAPURA – Untuk membantu membangun mimpi dan perubahan di desa yang ada di Kabupaten Banjar, Lakpesdam PBNU, dan tim Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Kabupaten Banjar, menggelar diskusi bersama beberapa perangkat Desa, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan yang digelar di Aston Hotel tersebut, dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Banjar, Syahrialludin, Pengurus Lakpesdam PBNU, perangkat desa, beberapa pembakal, dan tamu undangan lainnya.

Pada kegiatan tersebut, para perwakilan desa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan apa saja mimpi yang ingin diwujudkan di desa nya. Desa yang hadir dalam kegiatan ini yakni, Tambak Anyar Ulu, Tambak Sirang Laut, Keliling Benteng Ulu, Sungai Rangas Tengah, dan Tambak Anyar.

“Sangat bagus sekali antusias mereka, karena mereka aktif ikut dalam forum, mengikuti sejak dari awal tadi untuk membicarakan mimpi mereka tentang desa, ujar Pengurus Lakpesdam PBNU, M Nur Khoiron, Selasa (11/6/2024) siang.

“Mereka sangat baik ingin membuat desa itu seperti apa yang mereka mimpikan dan harapkan,” lanjutnya lagi.

Pihaknya, lanjut Khoiron, juga ajan melibatkan berbagai kelompok yang selama ini terekslusi, seperti perempuan, anak,kelompok disabilitas, manula, dan lain lain.

“Kita melakukan di 112 desa di seluruh indo, tahun lalu, tahun ini juga 112 setiap pelatihan atau diskusi, ada 6 atau 5 desa yang kami undang,” sebutnya.

Ia berharap program ini bisa sukses kedepannya, pihaknya juga kerjasama dengan Kemendes sehingga semakin kelihatan program yang ada di desa.

“Maksudnya itu kompleksitasnya seperti apa dan bagaimana warga itu memahami persoalannya sendiri sekaligus bagaimana cara menyelesaikan masalah yang mereka hadapi untuk membuat desa mereka maju dan inklusif,” jelasnya.

“Program yang kami jalankan ini, Alhamdulillah sudah berjalan 3 tahun,” bebernya.

Sementara itu, salah satu pembakal yang menghadiri diskusi tersebut, M Noor, berharap ilmu yang didapatkan saat diskusi dapat diterapkan ke masyarakat.

“Salah satunya tadi kami menyampaikan akan mengurangi pengangguran, serta akan melibatkan yang selama ini jarang kita ikutkan seperti kurangnya kehadiran perempuan, disabilitas, dan yang lainnya,” pungkas Pembakal Sungai Rangas Tengah ini.

Rizal News

Recent Posts

Mobil Fortuner Yang Dikemudikan Kapolsek Katingan Tercebur Ke Sungai

KBK.NEWS, KASONGAN - Mobil yang dikemudikan Kapolsek Katingan Ipda Ali Harahap tercebur ke Sungai Katingan… Lanjutkan Membaca

8 jam ago

Jemaah Kloter Pertama Asal Kabupaten Banjar Sujud Syukur Saat Kembali Dari Ibadah Haji

KBK.News, BANJARBARU - Jemaah haji Debarkasi Banjarmasin dari kelompok terbang 01 BDJ asal Kabupaten Banjar… Lanjutkan Membaca

14 jam ago

Mobil Truk Mogok Ditengah Jalan, Arus Lalu Lintas di Sungai Lulut Sempat Macet Total

KBK.News, BANJARMASIN - Mobil truk mogok ditengah jembatan, membuat arus lalu lintas di Jalan Veteran,… Lanjutkan Membaca

22 jam ago

Jamaah Haji Yang Pertama Tiba Di Debarkasi Batam

KBK.NEWS, BATAM -  PPIH Jamaah Haji debarkasi Batam sedang menyiapkan penyambutan kedatangan pertama para jamaah… Lanjutkan Membaca

2 hari ago

Sebagai Tanda Terima Kasih, Pandawa MH-8 STIHSA Banjarmasin Serahkan Dana Sosial Untuk Keluarga Alm Prof HM Erham Amin

KBK.News, BANJARMASIN - Sebagai tanda terima kasih kepada guru besar Almarhum (Alm) Prof Dr.H.M Erham… Lanjutkan Membaca

2 hari ago

Alasan Berbeda, Kaesang Pangarep Tegaskan Tidak Akan Berpasangan Dengan Anies Baswedan Di Pilkada DKI Jakarta 2024

KBK.NEWS, JAKARTA - Karena alasan berbeda Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep menegaskan untuk Pilkada… Lanjutkan Membaca

2 hari ago