UMUM

Barisan Pemadam Kebakaran /BPK Tangkas Dan Tangguh Kabupaten Banjar

Dalam rangka meningkatkan kemampuan personil anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK), khususnya dalam penanganan terhadap musibah kebakaran, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar setempat menggelar Lomba Ketangkasan, Keterampilan dan Ketangguhan BPK se-Kabupaten Banjar tahun 2014, pada Minggu, 13 April 2014 yang dipusatkan di Gedung Juang Martapura.

Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh saat membuka acara tersebut menyampaikan, Barisan Pemadam kebakaran merupakan salah satu bagian dari pemerintah yang melayani masyarakat, terutama masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Kabupaten Banjar khususnya, yang mana dalam salah satu tugasnya haruslah selalu siap dalam pelayanan penyelamatan jiwa, harta benda serta usaha-usaha pencegahan bencana lainnya. Dan untuk menunjang semua itu, BPK harus memiliki sarana, prasarana dan personil yang baik dan handal.

Ia berharap, kepada peserta yang mengikuti lomba, untuk selalu menjunjung sportifitas dalam bertanding, yang mana dari lomba tersebut hendaknya dapat menguji kembali kesiapsiagaan, ketangkasan dan keterampilan, serta ketangguhan anggota BPK.
Sultan H. Khairul Saleh juga menghendaki, para anggota BPK dapat mengerahkan segala pengetahuannya tentang penanganan kebakaran, serta penyelamatan jiwa. Selain itu para anggota BPK juga dipersilakan untuk berkreasi dalam beraksi memperagakan ketika menyelamatkan harta benda dan jiwa seseorang dari amukan api yang sering terjadi di daerah Kabupaten Banjar.

Untuk itu, Sultan H. Khairul Saleh mengharapkan, semoga dari ajang lomba Ketangkasan, Keterampilan dan Ketangguhan BPK se-Kabupaten Banjar tahun 2014, peran petugas pemadam kebakaran yang selalu siap siaga sepanjang hari, serta sigap merespon waktu tanggap darurat kebakaran, dengan semboyan ”Pantang Pulang sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya” adalah orang-orang yang benar-benar teruji dalam perjuangan dan pengorbanannya sebagai barisan terdepan.
Kepala BPBD kabupaten Banjar Noor Sunarto dalam kesempatan tersebut melaporkan, lomba Ketangkasan, Keterampilan dan Ketangguhan BPK se-Kabupaten Banjar tahun 2014 adalah bagian Dalam Rangka Hari Jadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar (BPBD) ke-3 Tahun 2014.

Ia juga menyampaikan, Untuk peserta lomba Ketangkasan, Keterampilan dan Ketangguhan BPK se-Kabupaten Banjar tahun 2014 berjumlah 32 BPK yang berasal dari BPK Kabupaten Banjar, Banjarbaru dan BPK Banjarmasin dengan memperlombakan dua kategori yakni kategori 1 Cilender Alcon dan kategori 2 Cilender.
Sementara itu keluar sebagai juara I Ketangkasan, Keterampilan dan Ketangguhan BPK se-Kabupaten Banjar tahun 2014 kategori 1 Cilender Alcon adalah BPK Star 10 dari Banjarmasin dan kategori 2 Cilender adalah BPK Barakat Martapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *