Site icon Kantor Berita Kalimantan

Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak Kotim Kukuhkan Pengurus

SAMPIT – Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Kotawaringin Timur (Kotim) gelar pelantikan sekaligus pengukuhan di Gedung Wanita, Sampit,Sabtu (5/2/2022).

Walaupun beredar kabar berbau konflik pada rencana pelantikan itu, namun berlangsung kondusif dengan dihadiri sejumlah tokoh. Terpantau Wakil Bupati Kotim, Irawati, Ketua DPRD Kotim, Rinie beserta Ketua Batamad Kotim Fitriansyah, Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Untung TR, hadir dalam pelantikan itu.

Ratusan anggota Batamad juga mengawal berlangsunganya acara sakral itu bersama TNI dan Polri. Panglima Komando Batamad Kalimantan Tengah, Yuandrias melantik para pengurus Batamad Kotim.

Yuandrias mengatakan bahwa Batamad harus menjaga harkat dan martabat dayak. Serta jangan memanfaatkan kelembagaan adat dayak untuk kepentingan pribadi.

“Batamad tugasnya adalah menjaga harkat dan martabat adat dayak. Walaupun sebelumnya ramai, tetapi hari ini kita bersatu untuk dayak,” tegas mantan anggota TNI itu

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Rimbun saat laporannya menyampaikan berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan mendukung acara tersebut sehingga bisa sukses terlaksana dengan kondusif dan aman.

“Terimakasih kepada pemerintah daerah, forkopimda dan aparat yang telah mendukung acara ini,” pungkas Rimbun. (Mitra Diskominfo Kalteng/Ay)

Sumber :infopublik.id

Exit mobile version