Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bawang Merah Dan Rokok Penyumbang Tertinggi Inflasi Di Kota Tanjung

TANJUNG – Data BPS Rokok dan bawang merah penyumbang tertinggi terjadinya inflasi di Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Selasa (8/3/2022).

Berdasarkan  data badan pusat statistik (BPS) Kabupaten Tabalong menyatakan, pada Bulan Februari 2022, Kota Tanjung mengalami inflasi 0,24%. Data ini menunjukkan telah terjadi peningkatan indeks harga konsumen dari 109,85 di Bulan Januari 2022 naik di Bulan Februari 2022 menjadi 110,11.

Inflasi di Kota Tanjung di Kabupaten Tabalong pada Februari 2022 terjadi karena adanya kenaikan harga pada beberapa indeks kelompok.

Kepala BPS Kabupaten Tabalong, Tri Agus Budi Prihanto menyatakan, bahwa penahan inflasi di Kota Tanjung pada Bulan Februari terjadi pada 5 komoditas. Seperti telur ayam ras, cabai rawit, terong, ikan tongkol atau ikan abu-abu, dan cabai merah.

Kemudian penyumbang inflasi yang besar dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau, sebesar 0,35%. Sedangkan komoditas penyumbang inflasi tertinggi di Bulan Januari 2022 terjadi pada komoditas bawang merah. Di pasaran harga bawang merah melonjak tajam, hingga Rp43.000 per kilogram.

“Kelompok komoditas yang menyumbang inflasi di Bulan Februari adalah bawang merah, rokok, beras, daging ayam ras dan semangka,“ pungkasnya.

 

Exit mobile version