Bawaslu Banjar Ajak Pengawasan Partisipatif Melalui Peran Serta Masyarakat Untuk Cegah Money Politics (Politik Uang) Di Pilkada Serentak 2020, Selasa (1/12/2020).

Bawaslu Kabupaten Banjar mengadakan Sosialisasi pengawasan partisipatif dengan mengangkat tema “Upaya Preventif Terhadap Money Politics pada pilkada 2020” di salah satu hotel kota Banjarbaru.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Komisioner Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, Kordinator Divisi SDM dan Organisasi, Iwan Setiawan dan dihadiri, Panwascam se – Kabupaten Banjar, tokoh masyarakat, mahasiswa, dan ormas.

Disela kegiatan ini Iwan Setiawan kepada media mengatakan,tentang pentingnya peran masyarakat dalam mencegah terjadinya money politics. Sebab, kalau hanya mengandalkan Bawaslu saja, maka hasilnya tidak bisa maksimal.

“Melalui peran serta masyarakat dalam pengawasan, maka politik uang atau money politics Insya Allah dapat diminimalisir,” tegas mantan Ketua Panwaslu Kota Banjarbaru ini.

Kemudian, Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fazeri Tamzidillah juga mengungkapkan, bahwa pilkada serentak adalah tanggung jawab bersama, dan bukan hanya tanggung jawab penyelenggara saja. Karena itu peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk menyukseskan penyelenggaraan nya.

“Kita sadar, bahwa jajaran kita di Bawaslu jumlah SDM-nya juga terbatas. Sedangkan untuk menyukseskan pilkada serentak ini adalah tanggung jawab kita semua ,bukan hanya tanggung jawab pihak penyelenggara” pungkas Fazeri Tamzidillah, (RZ).