Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bawaslu Banjar Sampaikan Pentingnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Banjar menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pada pemilihan umum serentak tahun 2024. (Foto : Rizal)

KBK.NEWS, MARTAPURA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar, menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pada pemilihan umum serentak tahun 2024, di Hotel Aston, Kecamatan Kertak Hanyar, Rabu (20/9/2023), pagi.

Sosialisasi pengawasan partisipatif tersebut, dilaksanakan dalam rangka menjalinkan tugas dan kewajiban pengawasan pemilu sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, tentang pemilihan umum.

Kegiatan ini, dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu Provinsi Kalsel, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Akhmad Mukhlis. Ia menyampaikan partisipasi masyarakat diperlukan untuk menyongsong pemilu yang jujur, adil, dan damai.

“Apalagi kan, jumlah pengawas lebih sedikit daripada yang diawasi, Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) aja cuma 1 orang, sedangkan PPS ada 3 orang, maka disitu penting partisipasi masyarakat, untuk menambah pengawasan yang ada di tingkat kelurahan dan desa untuk mendampingi pengawas pemilu,” tutur Mukhlis saat sambutan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banjar M Hafizh Ridha, melalui Kordiv Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas, Muhaimin, mengatakan partisipasi dari elemen masyarakat sangat penting dalam keberhasilan penyelenggaraan pemilu.

“Semua bagian-bagian kepemiluan itu sangat memerlukan keterlibatan masyarakat, karena kita tahu tenaga dari penyelenggara pemilu SDM nya sangat terbatas,” ujar Muhaimin

Oleh karena itu, lanjut Muhaimin, pihaknya sangat membutuhkan peran aktif dari masyarakat dalam pengawasan pemilu 2024.

Kegiatan sosialisasi tersebut, dihadiri oleh beberapa instansi yang ada di Kabupaten Banjar, diantaranya Polri, TNI, Kesbangpol, tokoh agama, tokoh masyarakat, mahasiswa, ormas, dan awak media.

Exit mobile version