Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bawaslu Banjar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat

MARTAPURA – Bawaslu Banjar Gelar sosialisasi pengawasan partisipatif yang meminta masyarakat juga turut serta melakukan pengawasan untuk pemilu yang demokratis dan berkualitas, Selasa (29/11/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar Fajeri Tamzidillah dalam Sosialisasi Pemilu Partisipatif dengan tema Kelembagaan Pengawas Pemilu dan Peran Strategis Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024, di Fave Hotel Banjarbaru, Selasa, (29/11/2022) pagi.

” Disetiap desa di kecamatan itu berbeda-beda jumlah penduduknya, sedangkan dari Bawaslu, pengawas pemilu di desa/kelurahan hanya 1 orang saja, oleh karna itu peran masyarakat sangat penting dalam untuk turut serta dalam pengawasan,” ujarnya saat sambutan.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, sosialisasi tersebut dihadiri oleh perwakilan Panwascam se Kabupaten Banjar, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan beberapa organisasi yang ada di Kabupaten Banjar.

” Para undangan yang berhadir hari ini, akan kita berikan materi bagaimana nantinya bisa membantu untuk mensosialisasikan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dan pengawasan pemilihan,” jelasnya.

Sementara itu, Akhmad Mukhklis selaku narasumber pada sosialisasi tersebut yang juga Kordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan mengatakan, penting bagi masyarakat untuk mengetahui larangan-larangan dalam kepemiluan.

” Hindari hoax atau fitnah, diharapkan orang-orang yang terlibat dalam partisipasi masyarakat, untuk memahami larangan-larangan dalam penyelenggaraan pemilu, dan turut serta dalam mengawal pemilu dari kecurangan,” tuturnya

Pentingnya partisipasi masyarakat juga dikatakan oleh Anggota Bawaslu Banjar, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat & Hubungan Masyarakat, Hairul Falah.

” Jumlah pengawas di lapangan tidak sebanding dengan yang diawas. Oleh karna jtu sangat penting partisipasi dari masyarakat untuk membantu dalam melakukan pengawasan,” pungkasnya.

Exit mobile version