Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bawaslu Kalsel Akui Terbantu Mengawasi Pemilu Melalui Peran Media Yang Positif

Ketua Bawaslu Kalsel Aris Mardiono (kiri), Tessa Aji Budiono, Komisioner Bawaslu Kalsel (kanan).

KBK.NEWS BANJARMASIN – Bawaslu Kalsel memerlukan hubungan yang sinergi dengan semua media untuk bisa maksimal meningkatkan pengawasan partisipatif, Minggu ( 25/8/2024).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Rapat Evaluasi Kehumasan bersama seluruh Bawaslu kabupaten/kota dengan menghadirkan insan pers.

Rapat evakuasi kehumasan ini dibuka secara resmi Ketua Bawaslu Kalsel, Aris Mardiono. Dalam sambutannya ia menyampaikan pentingnya hubungan sinergi antara Bawaslu Kalsel dengan seluruh insan pers, sehingga segala fungsi pengawasan bisa lebih maksimal.

“Peran media atau insan pers dirasakan sangat membantu Bawaslu Kalsel dalam mengawasi jalan pemilu. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pemberitaan terkait pengawasan pemilu seperti pada pemilu 2024,” jelasnya, Sabtu (24/8/2024) malam.

Menurut Aris Mardiono, pihak di Bawaslu Kalsel tidak hanya bisa menerima positif dari media, tetapi juga terbuka untuk dikritik, sehingga bisa melakukan evaluasi dan sekaligus instrospeksi diri untuk bekerja lebih baik lagi.

“Kami juga terbuka terhadap kritik teman – teman media, sehingga kami bisa bekerja lebih baik lagi dalam menjalankan fungsi pengawasan,” tegas Aris Mardiono yang juga mantan jurnalis di Kalsel.

Sebelumnya Komisioner Bawaslu Kalsel Thessa Aji Budiono kepada para peserta Rapat Evaluasi Kehumasan ini menyampaikan tingginya jumlah pemberitaan tentang pengawasan pemilu di Kalsel. Hal tersebut menempatkan Bawaslu Kalsel di posisi teratas di tingkat nasional dalam pemberitaan pengawasan pemilu.

“Pemberitaan itu ada yang di produk Internal atau dari Bawaslu Kalsel sendiri dan ada juga dari eksternal ,yakni dari teman – teman media di Kalsel,” ungkap Tessa yang membidangi divisi kehumasan di Bawaslu Kalsel ini.

Rapat Evaluasi Kehumasan Bawaslu Kalsel ini juga menghadirkan beberapa narasumber di luar Bawaslu, seperti Ketia Dewan Pers Ninik Rahayu, Pengamat Pemilu Jerry Sumampow, dari PWI Kalsel dan LKBN Antara.

Rapat Evaluasi Kehumasan Bawaslu Kalsel ini diikuti kehumasan Bawaslu dari 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan. Kemudian juga menghadirkan para jurnalis dan juga pers mahasiswa dari berbagai kampus di Kalimantan Selatan.

Rapat Kehumasan yang digelar Bawaslu Kalsel Hotel Nasa Banjarmasin ini ditutup secara resmi Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel Teuku Dahsya Kusuma Putra.

Exit mobile version