Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bawaslu Kalsel Menggelar Gathering Kawal Pilkada 2024 Bersama Puluhan Awak Media

Bawaslu Kalsel Menggelar Gathering Kawal Pilkada 2024 Bersama Puluhan Awak Media. (Foto : Rizal)

KBK.News, BANJARBARU – Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Gathering Kawal Pilkada 2024 bersama awak media dengan tema “Kolaborasi Bawaslu dan Media Dalam Pengawasan dan Edukasi Informatif Pemilihan Serentak, Jumat (4/10/2024).

Kegiatan yang bertempat di Hotel Aeris, Banjarbaru tersebut, digelar mulai 4 – 6 Oktober 2024, diikuti oleh puluhan awak media, Organisasi Pers Mahasiswa, dan tamu undangan lainnya.

Komisioner Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Thessa Aji Budiono, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pencegahan dengan cara menggunakan media untuk membantu pengawasan.

“Tentunya, keberadaan dari media akan sangat berpengaruh untuk cara berpikir masyarakat,” ujar Thessa Aji Budiono saat sambutan, Jumat (4/10/2024) malam.

Oleh karena itu, lanjut Thessa, kalau masyarakat membaca atau melihat pemberitaan yang positif dan berimbang, maka cara berpikir masyarakat juga akan positif.

“Kami dari Bawaslu Provinsi Kalsel, memahami dan akan menggandeng para media dalam mendapatkan informasi dan motivasi tentang Pilkada baik dari segi informasi maupun pengawasannya,” sebutnya.

“Mengapa demikian ? karena media yang dimiliki bawaslu juga terbatas walaupun kami memiliki media sosial, Facebook, Instagram Twitter (X), namun jangkauan nya jelas sangat terbatas,” bebernya.

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie menyampaikan bahsa peran jurnalis media massa memiliki peran penting, namun Bawaslu memiliki kepentingan lebih besar, seperti tahapan pengawasan dari awal hingga pencoblosan, sehingga melibatkan awak media.

“Walau kegiatan seperti ini sering dilakukan, namun banyak hal-hal baru yang harus kita ketahui, dari pemberitaan yang boleh atau tidak saat masa tenang. Serta keterbukaan dari kawan-kawan Bawaslu yang setiap saat bisa kita konfirmasi oleh kawan-kawan jurnalis,” tutupnya.

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan media gathering ini yakni, Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Adam Erwindi, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie, dan Wakil Ketua KPID Kalsel, Analisa.

Exit mobile version