Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bawaslu Kalsel Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

RANTAU – Bawaslu Kalsel bersama Bawaslu di kabupaten/kota melakukan sosialisasi untuk meningkatkan pengawasan partisipatif pemilu 2024 yang melibatkan seluruh unsur masyarakat. 

Saat ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Bawaslu Kabupaten/Kota telah gencar melakukan sosialisasi tentang pengawasan pemilu yang melibatkan masyarakat secara luas (Partisipatif).

Hal ini disampaikan Humas Bawaslu Kalsel, Supriyanto disela kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024 yang melibatkan sejumlah unsur masyarakat di Rantau Kabupaten Tapin, Rabu (12/10/2022).

“Kegiatan yang kami gelar merupakan bagian dari tahapan pemilu seperti PKPU Nomor 3 Tahun 2022 Tentang dan Jadwal Pemilu 2024. Pada sosialisasi pengawasan partisipatif ini, Bawaslu Kabupaten/Kota mengajak dan sekaligus mendorong agar masyarakat terlibat secara langsung mengawasi jalannya tahapan pemilu sesuai dengan aturan dan perundangan yang berlaku,” jelasnya.

Menurut Humas Bawaslu Kalsel ini, melalui kegiatan sosialisasi pihaknya menyampaikan kepada masyarakat tentang peran penting mereka dalam mengawasi seluruh tahapan pemilu. Dalam hal ini masyarakat menjadi subyek dan lebih berperan aktif agar hasil pengawasan yang dilakukan menghasilkan pemilu berkualitas.

“Untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pengawasan tahapan pemilu 2024 di kabupaten/kota, Bawaslu melibatkan narasumber yang berkompeten. Narasumber ada yang dari Bawaslu Kalsel, Bawaslu kabupaten/kota, hingga kalangan akademisi,“ pungkas Supriyanto.

Exit mobile version