Kantor Berita Kalimantan

Begini Sumur Air Zam-Zam Khas Kota Serambi Mekkah Martapura

Sumur Air Zam-Zam Khas Kota Serambi Mekkah Martapura.

MARTAPURA – Melihat sumur air zam- zam khas Kota Serambi Mekkah Martapura yang sudah puluhan tahun dimanfaatkan dan mendatangkan rejeki bagi warganya, Jumat (4/2/2022).

Air bersih, jernih, sehat dan sumur yang tak pernah kering ada di Kota Martapura yang berjulukan Kota Serambi Mekkah di Kabupaten Banjar. Air bersih dari sumur yang ada di Kota Martapura ini menjadi air pilihan sebagian warga, dan tidak terkecuali pemilik warung – warung yang ada di sekitar Pasar Martapura.

Karena bersih, jernih dan airnya higinis serta sehat, maka sebagian warga menamakannya air Zam Zam Kota Serambi Mekkah.

Rustam, Pengangkut Air Bersih Di Kota Martapura. 

“Saya sudah lebih 20 tahun bekerja mengangkut air sumur ini. Alhamdulillah saya syukuri bisa memberi nafkah keluarga,” ujar Rustam, pengangkut air sumur di Kota Martapura.

Menurut Rustam, ada lebih 10 orang, kata Rustam pengangkut air dari sumur yang disebut juga Sumur Sentral di Jalan Suka Ramai Martapura.

” Saya bersama teman-teman mengangkut air dari sumur yang dimasukkan ke dalam belek (kaleng besar) dengan gerobak. Kemudian setiap belek ini dibayar Rp 2 ribu. Alhamdulillah dalam sehari penghasilan saya sekitar Rp 100 ribu,” ungkapnya.

Sumur Air Zam-Zam Khas Kota Serambi Mekkah Martapura.

Air sumur ini, ungkap Rustam, selalu diperiksa oleh pemerintah, diantaranya dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar. Berdasarkan pemeriksaan mereka, air sumur ini sangat bersih, bahkan mengalahkan air dari ledeng.

” Air dari sumur ini secara berkala di periksa dari Dinas Kesehatan, sehingga tetap terpantau aman,” tandasnya.

Selanjutnya salah seorang pelanggan air bersih ini yang juga pemilik warung di Pasar Martapura, Norhasanah membenarkan kualitas air yang bersih dan sehat tersebut.

” Saya sudah sekitar 30 tahun berlangganan air bersih dari Sumur Sentral di Jalan Suka Ramai itu. Airnya jernih tidak ada rasa obat seperti pada air ledeng, rasanya sedikit manis dan kalau buat menanak nasi sangat bagus,” tutur Norhasanah.

Videonya Dibawah ini !

 

Exit mobile version