Site icon Kantor Berita Kalimantan

BKSDA Kalsel Evakuasi Buaya Besar Di Sungai Tabuk

Di Tengah Bencana Banjir BKSDA Kalsel Evakuasi Buaya Besar Dengan Panjang Sekitar 3 Meter Di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar Dan Berjalan Seru, Rabu (20/1/2021).

Seekor buaya sungai yang berukuran besar dengan panjang mencapai 3 meter berhasil dievakuasi BKDSA Kalsel di Lokbaintan, Kecamatan Sungai Tabuk. Buaya ini dievakuasi karena meresahkan warga yang sedang dilanda bencana banjir dan dikhawatirkan lepas dari kandang.

“Buaya ini dipelihara oleh Junai warga Desa Lokbaintan dan dikhawatirkan lepas dari kandang akibat banjir,” jelas Hamdan, warga Kecamatan Sungai Tabuk yang turut menyaksikan evakuasi, Rabu (20/1/2021).

Sebelumya keberadaan buaya ini dilaporkan masyarakat kepada Camat Sungai Tabuk, Ahmad Rabani. Menerima laporan adanya buaya besar yang dikhawatirkan lepas dari kandang akibat banjir ini, Camat Sungai Tabuk menghubungi BKSDA Kalsel di Banjarbaru.

“Buaya ini peliharaan warga, tetapi ketika bencana banjir pemilik buaya (Junai) mengungsi ke Banjarmasin dan tidak ada yang menjaga,” ujar Hamdan.

Berdasarkan pantauan dilapangan sejumlah petugas BKSDA Kalsel dibantu TNI-Polri dan masyarakat berhasil mengangkat buaya dengan kandangnya sekaligus. Evakuasi buaya besar ini menjadi tontonan warga di sekitar lokasi pengungsian.

Exit mobile version