Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bocah SMP Terduga Pelaku Pembuat Video Parodi Indonesia Raya Ditangkap

Bocah Masih SMP Terduga Pelaku Penghinaan Pembuat Video Parodi Lagu Indonesia Raya Di Youtube, Diburu Di Malaysia Ditangkap Di Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (2/1/2021).

Polisi Kerajaan Malaysia (PDRM) sempat dibuat sibuk dengan beredarnya video parodi yang memplesetkan dan menghinan lagu Indonesia Raya. Hal itu terjadi, karena diduga pemilik Akun Youtube My Asean berada di Malaysia.

PDRM kemudian mendapat keterangan dari salah satu WNI di Malaysia, bahwa pemilik akun berada di Indonesia. Berangkat dari informasi tersebut, akhirnya Mabes Polri sekitar Pukul 20.00 WIB meringkus MDF yang jadi terduga pelaku di Cianjur, Karang Tengah, Jawa Barat.

Pelaku berinisial MDF (15) tersebut rupanya masih duduk di bangku kelas III Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Setelah sempat menjalani pemeriksaan di Polres Cianjur, MDF selanjutnya dibawa ke Mabes Polri, Jakarta.

Sebelumnya, video parodi yang melecehkan tersebut dibuat oleh akun MY Asean milik MDF ini  dan mengunggah di YouTube dengan judul ‘Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video)’.

Dalam video, terdapat ayam berlambang Pancasila dengan latar warna merah putih. Ada juga animasi dua anak yang terlihat sedang buang air kecil.

Video diawali dengan suara ayam berkokok. Aransemen lagu hampir sama dengan lagu ‘Indonesia Raya’. Sedangkan liriknya secara garis besar berisi penghinaan terhadap Indonesia.

MDF akan dijerat tindak pidana UU ITE, Pasal 45 ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Sumber : Net

Exit mobile version