Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bolak Balik Debat Capres – Cawapres Pemilu 2024

Anggota KPU RI Divisi Teknis, Idham Kholik (Foto Istimewa).

KBK.NEWS – JAKARTA – Bolak balik dan simpang siur tentang jadwal debat capres cawapres di Pemilu 2024 dijawab KPU dengan tetap ada debat khusus cawapres, tetapi tetap Berpasangan dengan Capres. 

KPU RI menjadi banyak sorotan terkait jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres di Pemilu 2024. Salah satu yang sempat luas beredar di masyarakat adalah ditiadakannya debat cawapres yang akan mempertemukan cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres Mahfud MD.

Adanya perubahan debat capres dan cawapres terkesan bolak balik dan KPU menjadi sasaran kritik dari masyarakat. Untuk itu akhirnya KPU RI mengeluarkan pernyataan resmi terkait jadwal debat capres dan cawapres Pilpres 2024.

Komisioner KPU RI Divisi Teknis, Idham Kholik mengatakan, bahwa KPU RI telah menjadwalkan 5 kali debat untuk pasangan capres dan cawapres di Pilpres atau Pemilu 2024. Debat capres sebanyak 3 kali digelar dan debat cawapres 2 kali, serta setiap pasangan hadir di setiap debat.

“Capres 3 kali, cawapres 2 kali,” jelasnya Idham Kholik kepada awak media, Sabtu (2/12/2023).

Menurut Idham Kholik, pada debat capres, proporsi bicara dalam menyampaikan visi dan misi, Sert program lebih banyak capres dibanding cawapres. Pada debat cawapres, maka porsi berbicaranya lebih banyak cawapres dibanding capres.

“Hal ini tidak melanggar perundang-undangan pemilu. Begitu juga sebaliknya,” tegasnya.

KPU RI telah merilis jadwal terbaru  debat capres dan cawapres sebagai berikut :

1. Hari Selasa Tanggal 12 Desember 2023
2. Hari Jumat, Tanggal 22 Desember 2023
3. Hari Minggu Tanggal 7 Januari 2024
4. Hari Minggu Tanggal  21 Januari 2024
5. Hari Minggu Tanggal 4 Februari 2024

Exit mobile version