Site icon Kantor Berita Kalimantan

BPBD dan PTAM Intan Banjar Siapkan Kebutuhan Air Untuk Jamaah Haul Guru Sekumpul

BPBD dan PTAM Intan Banjar Siapkan Kebutuhan Air Untuk Jamaah Haul Guru Sekumpul. (Foto : Putra)

KBK.News MARTAPURA – Untuk menunjang kegiatan Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul,  BPBD Kabupaten Banjar bersama PTAM Intan Banjar turut andil dalam menyediakan kebutuhan air baik untuk dapur umum maupun untuk wudhu para jamaah, Jumat (5/1/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjar Yayan Daryanto mengatakan bahwa BPBD memiliki 94 buah tandon dengan kapasitas 1200 liter yang siap didistribusikan ke tiap posko dapur umum.

“Kami telah menyiapkan tandon untuk di suplay di tiap dapur umum,” ujarnya.

Berdasarkan laporan Posko Induk Sekumpul, lanjutnya, untuk dapur umum lebih dari 200 titik. Dengan itu pihaknya juga di bantu dari Balai Prasarana Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Sebanyak 38 tandon dengan kapasitas 2200 liter dan 10 tandon dengan kapasitas 1100 liter, jika ditotalkan sementara, saat ini tersedia 142 buah tandon untuk persiapan dapur umum haul guru sekumpul nanti,” sebutnya.

Dengan jumlah yang terbatas itu, lanjut Yayan mengatakan, pendistribusian tandon akan di prioritaskan untuk dapur-dapur yang sudah terdata dan sudah meminta bantuan jumlah tandon.

“Kemarin dari angka yang didapat dari balai prasarana sebanyak 48 tandon itu sudah bisa dialokasikan untuk dapur wilayah Sekumpul. Kekurangannya disupport dari BPBD. Semoga mencukupi,” sebutnya.

Bukan hanya itu, Yayan mengaku pihaknya akan menambah 2 unit tangki air siap suply ke dapur umum dan 8 unit tangki air milik balai prasarana juga mendukung juga 1 unit mobil instalasi pengolahan air.

Sementara untuk evakuasi para jemaah haul, disampaikan Yayan, BPBD Banjar menyiapkan 3 unit perahu karet dengan jumlah 9 personil dan 1 unit towerlight.

Perihal kebutuhan air untuk wudhu para jamaah, dikonfirmasi kepada Direktur PTAM Intan Banjar melalui Humas, Wahyuni menuturkan bahwa pihaknya sudah menyediakan tempat wudhu dan keran-keran air di beberapa titik dapur umum haul Abah guru Sekumpul.

Ia menambahkan, ada kurang lebih sebanyak 42 titik keran air, dengan sebaran mulai dari Desa Indrasari sampai RTH Ratu Zalecha Martapura.

“Kami (PTAM Intan Banjar) sudah menyiapkan di jaringan pipa saluran air kami yang langsung koneksi,” tutupnya.

Exit mobile version