Site icon Kantor Berita Kalimantan

BPKP Kalsel Nilai Peran Bank Kalsel Dalam Pembangunan Daerah Rendah

BANJARMASIN – Kapala Badan Pemerikasaan Keungan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Selatan menilai peran Bank Kalsel untuk pembangunan di wilayah Kalsel masih rendah, Rabu (9/11/2022).

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pemerikasaan Keungan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan Rudy M Harahap saat jumpa pers Shareholder Conference Bank Kalsel di Taman Siring KM 0, Banjarmasin.

Menurut Rudy, dinilai rendah, karena peran Bank Kalsel dalam pembangunan di wilayah Kalimantan Selatan diantaranya, karena porsi kredit yang diberikan kepada UMKM masih minim. Terjadi porsi kesenjangan yang sangat besar antara ke debitur inti dengan kredit ke UMKM.

“Saya berharap para Kepala Daerah di Kalimantan Selatan selaku pemilik saham agar menjaga governance, risk, and compliance (GRC) Bank Kalsel. Terutama memastikan komposisi Dewan Komisaris dan Direksi,” bebernya dalam acara bertema “Peran Bank Kalsel dalam Transformasi Digital UMKM untuk mendukung Stabilitas Ekonomi Kalimantan Selatan ini.

Rudy mengingatkan, bahwa Dewan Komisaris dan Direksi harus diisi dengan lengkap dan tidak sering dilakukan pergantian. Menurutnya penggantian Dewan Komisaris dan Direksi akan menghambat kinerja (performance) bank dalam jangka pendek dan panjang.

Berdasarkan hasil evaluasi BPKP terkait GRC dan kinerja Bank Kalsel, ungkap Kepala BPKP Kalsel, hampir seluruh indikator menunjukkan tren membaik dari tahun 2017 – 2021. Namun, dalam hal ini ia menekankan pentingnya peningkatan porsi kredit UMKM untuk meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan daerah. 

“Porsi kredit ke UMKM nilainya masih terlalu kecil jika dibandingkan dengan porsi kredit yang diberikan kepada sektor koorporasi, terutama debitur inti,” tegasnya.

Disisi lain kata Rudy, dari perhitungan rasio yang ada, masih terdapat peluang dana untuk kepentingan UMKM. Untuk itu kedepannya Bank Kalsel harus meningkatkan GRC dengan kinerja yang memberikan kontribusi maksimal kepada pembangunan di wilayah Kalimantan Selatan.

“Dengan demikian, Bank Kalsel benar-benar terasa hadir dan bermanfaat bagi masyarakat Kalimantan,” pungkas Rudy M Harahap.

Exit mobile version