Site icon Kantor Berita Kalimantan

Brimob Polda Kaltim Amankan TNI Fun Run 2024 di IKN

KBK.NEWS BALIKPAPAN – Nusantara TNI Fun Run 2024 yang digelar di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) mendapat pengamanan khusus dari  Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda Kaltim, Minggu, 6 Oktober 2024.

Kehadiran pengamanan dari Sat Brimob Polda Kaltim ini menjadi bagian dari sinergi pengamanan yang melibatkan berbagai instansi. Instansi tersebut diantaranya dari TNI, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Satpol PP, serta Dinas Kesehatan Kaltim.

Kombes Pol Andy Rifai selaku pimpinan pengamanan menyatakan, bahwa kegiatan ini adalah rangkaian acara besar lainnya, seperti World Walking Day dan The Association For International Sport For All (TAFISA) ASEAN Forum 2024 di Provinsi Kalimantan Timur. Kombes Pol Andy Rifai menegaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait untuk memastikan acara berjalan aman dan lancar.

“Pengamanan dari berbagai kegiatan ini harus dilakukan secara maksimal. Kami bekerja sama dengan instansi terkait untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama acara berlangsung,” ujar Kombes Pol Andy Rifai.

Pengamanan dan Sterilisasi Ketat untuk Kunjungan Presiden

Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak tanggal 5 hingga 9 Oktober 2024, dengan kehadiran Presiden Joko Widodo di beberapa lokasi di IKN Nusantara. Guna menjamin keamanan selama kunjungan tersebut, Satbrimob Polda Kaltim menerjunkan satu tim dari Subden Jibom (Penjinak Bom) dan satu tim dari Subden KBR (Kimia Biologi Radioaktif). Kedua tim ini bertugas melakukan sterilisasi di area yang akan dikunjungi oleh Presiden serta rombongan.

“Sterilisasi dilakukan untuk memastikan lokasi bebas dari benda-benda yang mengandung bahan peledak maupun zat kimia reaktif. Kami ingin memastikan bahwa setiap sudut lokasi benar-benar aman dan steril,” jelas Kombes Pol Andy Rifai.

Personel Sat Brimob Diterjunkan di Titik-Titik Strategis

Dalam pelaksanaan pengamanan ini, beber Rifai,  personel Sat Brimob disebar di sejumlah titik strategis, termasuk di sekitar lokasi acara. Selain itu jalur-jalur yang akan dilalui oleh Presiden Joko Widodo. Langkah ini diambil guna menjamin kelancaran seluruh rangkaian kegiatan serta memberikan rasa aman bagi seluruh peserta dan tamu undangan.

Kombes Pol Andy Rifai juga menegaskan, personel pengamanan telah dibekali dengan pelatihan dan persiapan fisik yang optimal sebelum diterjunkan ke lapangan.

“Kami memastikan bahwa seluruh personel dalam kondisi prima dan siap menjalankan tugasnya dengan baik,” ungkapnya.

Komitmen Sat Brimob untuk Pengamanan Terbaik

Menurut Rifai, dalam perhelatan besar yang melibatkan kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini, Sat Brimob Polda Kaltim berkomitmen untuk memberikan pengamanan terbaik. Sinergi dan kerja sama antar instansi yang terlibat diharapkan dapat menciptakan situasi yang kondusif, sehingga acara berjalan sukses tanpa kendala.

“Kami siap memberikan pengamanan terbaik selama rangkaian kegiatan ini berlangsung. Semua upaya telah kami lakukan untuk memastikan setiap detail keamanan, sehingga masyarakat bisa mengikuti acara ini dengan tenang dan nyaman,” pungkas Kombes Pol Andy Rifai.

sumber : gerbangkaltim.com

Exit mobile version