Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bupati Banjar H Saidi Mansyur Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2022

MARTAPURA – Polres Banjar menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2022 untuk memberikan rasa aman jelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di Halaman Mapolres Banjar di Martapura, Jumat (22/4/2022).

Upacara gelar pasukan ini dipimpin Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Kapolres Banjar Doni Hadi Santoso, Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom, dan Kajari Kabupaten Banjar M. Bardan, Jum’at (22/4/2022) pagi.

Bupati Banjar Saidi Mansyur seusai apel mengatakan, bahwa pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Hari libur tersebut mulai 2-3 Mei 2022 dan cuti bersama pada 29 April dan 4-7 Mei 2022.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, Lebaran Idul Fitri tahun ini diberikan kelonggaran, hingga masyarakat dapat kembali merayakannya di kampung halaman. Hal ini membuat masyarakat berkumpul bisa berkumpul saudara atau kerabat dekat, karena mudik tak lagi di larang dan disekat sebagaimana sebelumnya,” jelasnya.

Terpisah Kasatlantas Polres Banjar, AKP Anton Suyono menyampaikan, bahwa selain pencabutan larangan mudik, juga tak ada lagi pembatasan, penyekatan. Karena itu tidak ada lagi pemeriksaan bagi pemudik seperti beberapa tahun yang lalu, khususnya pemudik lintas Kabupaten.

“Dalam melakukan pengamanan arus mudik dan libur lebaran nanti, Polres Banjar sendiri nanti akan mengerahkan sekitar 250 personel. Diperkirakan nanti arus mudik lebih padat dibandingkan tahun sebelumnya, jadi kami sudah siapkan plotting kami,” ungkapnya.

Anton menyatakan, ada 3 pos yang telah disiapkan untuk pelaksanaan operasi ini, yakni 1 Pos Pelayanan yang ada di Pos Polisi Gambut, 1 Pos Pengamanan Terpadu di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, dan 1 Pos pengamanan yang ada di Batu Balian, Kecamatan Simpang Empat.

“Juga ada 2 pos untuk memantau, pertama di Kecamatan Astambul untuk memantau kegiatan keagamaan di Kelampayan Astambul, dan pos pantau kedua di Tahura Karang Intan. Kedua pos tersebut fungsinya untuk mengamankan masyarakat yang berwisata di situ,” katanya.

AKP Anton Suyono juga mempersilahkan pemudik untuk beristirahat di Pos yang disiapkan Polres Banjar di jalur mudik nanti.

“Pos yang disediakan juga bisa untuk pemudik beristirahat, dipersilahkan istirahat di pos kami dan jangan dipaksakan waktu berjalan. Kami menghimbau agar masyarakat berhati-hati dalam perjalanan,” pesannya.

Apel tersebut diselenggarakan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan idul fitri ini diikuti personel gabungan dari Polres Banjar, Kodim 1006/Banjar, Dinkes Dishub, Damkar, dan Satpol PP Kabupaten Banjar.

Exit mobile version