Bupati Banjar : Pancasila Bukan Hanya Dibaca dan Didengar, Namun Harus Dipraktekkan

2 min read

MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Mansyur, pimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Banjar, di halaman kantornya, Martapura, Kamis (1/06/2023) pagi.

Upacara tersebut diikuti unsur TNI/Polri ASN, Korpri, Satpol PP, Disbub, pelajar, organisasi pemuda dan organisasi kemasyarakatan.

Tampak hadir juga Wakil Bupati, unsur Forkopimda Banjar, Sekda, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan dan sejumlah pejabat eselon II, III dan IV.

Dalam sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Bupati Banjar mengatakan, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

” Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta tahah air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik,” ujar Saidi saat membacakan sambutan.

Hari lahir Pancasila setiap 1 Juni, lanjut Saidi, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari hari.

” Pancasila bukan hanya dibaca dan didengar namun harus dipraktekkan, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di hati bangsa Indonesia,” sebutnya.

Menghadapi pesta demokrasi serentak di tahun 2024, Saidi Mansyur mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama sama mensukseskan pemilu yang jujur aman dan damai. Menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif, sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

” Saya juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia yang masih tinggi dan berada diatas ambang batas yang ditetapkan WHO, yakni sebesar 20 persen. Hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai Pancasila,” tutur Bupati Banjar.

Diakhir upacara dilaksanakan penyerahan secara simbolis bendera merah putih oleh Bupati Banjar kepada sejumlah sekolah dan ormas, yang dimaksudkan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme.

Selanjutnya dihimbau kepada seluruh perangkat di daerah, camat, lurah dan BUMD agar memasang Bendera Merah Putih di sekitar wilayah kerjanya masing masing, sejak 1 Juni – 31 Agustus 2023.

Berita Terkait

More From Author