Kantor Berita Kalimantan

Bupati Banjar Resmikan Unit Pengolahan Ikan

Martapura -Bupati Kabupaten Banjar Khalilrurrahman pada hari ini meresmikan Unit Operasional pengolahan ikan di Kawasan Minapolitan Cindai Alus (28/02/2018).

Acara yang di hadiri Dirjen Budidaya KKP Kementerian Perikanan dan Kelautan RI Ir.Ardian,Sri Indartaty, Kasdim Martapura Mayor Inf Muhammad Mulyono, Kadis Perikanan Provinsi Kalsel, Ka Budidaya Ikan Air Tawar Mandiangin Haryono Sutomo,Kapolsek Martapura,Pimpinan Ponpes Darul Hijrah,Camat Martapura,Forkopimda serta undangan.

Selain peresmian Operasional unit Pengolahan ikan pemerintah melalui Dinas Perikanan Kab Banjar juga dilakukan Penandatanganan Kerjasama Mou bersama Mitra kerja PT. Satya Trinadi Komira Perkasa dalam membantu unit pemanfaatan pengolahan ikan,demikian dikatakan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Ir.H. Norifansyah

Iya menuturkan Peresmiann Operasional pengolahan ikan ini dilakukan dalam rangka menjawab tentang kebutuhan sentra ikan secara menyeluruh.
Unit UPI ini merupakan fasilitas pengolahan ikan fillet dengan Komoditas ikan Patin.

Sistem pola distributor akan kita kelola dengan menguntungkan petani ikan agar harga konsumen dapat tercapai ,
apalagi harga sekarang di pasaran tak menentu ada penurunan

Saya optimis berharap dengan adanya Unit operasional pengolahan ikan Minapolitan ini dapat meningkatkan produktivitas dan nilai tambah bagi produk hasil perikanan dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah serta meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya pambudidaya ikan pengolah dan pemasaran serta memberikan peluang kerja terhadap tenaga kerja di Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Kholilrurrahman ketika di jumpai mengatakan bahwa Komunitas unggulan di daerah Kabupaten Banjar ini dalam perikanan adalah ikan Patin, untuk itulah Pemerintah membangun fasilitasi Operasional unit Pengolahan ikan yang nantinya akan membantu masyarakat petani ikan untuk meningkatkan perekonomian warga sehingga harga jual dan harga beli dapat terbantu dengan harga pasaran.

Dengan tempat di fasilitasi ruang pendinginan dan peralatan modern mendukung industralisasi perikanan dan alat ini dapat menyimpan , daging olahan ikan patin dan adanya Unit operasional pengolahan ikan Minapolitan ini
kiranya kita tidak lagi impor pemasokan ikan dari luar daerah kalau perlu kontributor pemasokan ikan yang datang ketempat kita ucapnya seraya tersenyum usai kunjungi pabrik industri ikan olahan.

Penulis : Saus Dim

Exit mobile version