Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bus Trans Banjarbakula Mulai Layani Kota Martapura Awal Bulan Juni 2024

KBK.NEWS, MARTAPURA – Diperkirakan awal Bulan Juni 2024 warga Kota Martapura, Kabupaten Banjar sudah dapat menikmati transportasi moderen pelayanan Bus Trans Banjarbakula, Jumat (10/5/2024).

Pelayanan transportasi umum Bus Trans Banjarbakula sejak beroperasi akhir tahun 2022 lalu telah banyak memberi manfaat bagi masyarakat. Namun, rute pelayanan Bus Trans Banjarbakula hingga tahun 2024 belum dirasakan oleh masyarakat Kota Martapura.

Untuk menyikapi hal tersebut Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar secara resmi telah menyurati Kementerian Perhubungan melalui Balai Transportasi Darat agar rute pelayanan angkutan Bus Trans Banjarbakula BTS juga melayani wilayah Martapura Kota. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana.

” Kemarin rencana sudah beroperasi di awal Bulan Mei 2024, namun proses perjanjian kerjasama masih di godok di Pemprov Kalsel yang melibatkan sejumlah daerah pelayanan Trans Banjarkula. Insya Allah dalam waktu segera pelayanan Bus Banjarbakula  beroperasi di awal Bulan Juni 2024 ini,” ungkap Kadishub Kabupaten Banjar I Gusti Nyoman Yudiana, Jumat (10/5/2024).

Rencana perluasan rute pelayanan transportasi publik Bus Trans Banjarbakula ke wilayah Kota Martapura menuai pro dan kontra. Kontra datang dari dari para sopir angkutan umum yang merasa dirugikan dengan adanya pelayanan Bus Trans Banjarbakula.

Berbeda dengan Ketua DPRD Kabupaten Banjar H Muhammad Rofiqi, sebab ia menyetujui adanya angkutan umum yang lebih moderen dan memang dibutuhkan masyarakat seperti Bus Trans Banjarbakula. Hanya saja ia mengingatkan agar semuanya diatur agar tidak mengganggu trayek angkutan kota yang ada di Kota Martapura.

“Saya kira sudah saatnya Kota Martapura berkembang menjadi lebih dengan tersedia transportasi umum moderen, murah dan nyaman. Karena itu saya setuju Bus Tayo (Trans Banjarbakula) masuk ke wilayah Kabupaten Banjar. Namun, perlu saya ingatkan agar diatur dengan baik agar  tidak mengganggu trayek angkutan kota yang sudah ada,” tegas politisi muda Partai Gerindra ini.

Exit mobile version