Site icon Kantor Berita Kalimantan

Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha Hadiri Hari Santri Nasional di Martapura

KBK.NEWS MARTAPURA – Paslon Bupati Banjar nomor urut 2 yang terkenal dengan jargon “Urang Banjar” H Syaifullah Tamliha – Habib Ahmad Bahasyim ikut meriahkan Hari Santri Nasional di RTH Ratu Zalecha Martapura, Selasa (22/10/2024).

Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha yang juga merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) bersama para tokoh dan pengurus Nu di Kabupaten Banjar menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Kota Martapura.

Menurut Tamliha, lahirnya Hari Santri Nasional di Indonesia tidak terlepas dari peran besar para santri dan ulama pesantren dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

” Para santri dalam sejarah perjuangan Indonesia telah melawan penindasan dan penjajahan. Hal itu dilakukan para santri berupa perlawanan fisik maupun intelektual. Selain santri,” jelas Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha, Selasa (22/2024).

Mengingat peran santri dalam melawan penjajahan tersebut, beber Tamliha, peran para santri sangat dihormati dan patut menjadi teladan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Saya sangat menghormati para santri, dan melalui momentum Hari Santri Nasional ini, saya ucapkan terima kasih. Saya juga berharap para santri di Kabupaten Banjar semakin diperhatikan dan diberikan beasiswa untuk belajar di luar negeri, seperti ke Yaman, Yordania, Al-Azhar, dan juga ke Maroko,” pungkas H Syaifullah Tamliha yang juga politisi senior PPP ini.

Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional berawal dari peristiwa penting yang menjadi dasar penetapan, yakni Resolusi Jihad yang disampaikan oleh KH Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU), di Kampung Bubutan, Surabaya, pada 22 Oktober 1945.

Exit mobile version