Site icon Kantor Berita Kalimantan

Cempaka Banjarbaru Hanya Beberapa Jam Diguyur Hujan Langsung Banjir

Bencana Banjir dengan warna air coklat Kembali Terjadi Di Kecamatan Cempaka Banjarbaru (Foto Istimewa).

BANJARBARU -Kawasan Kota Banjarbaru  diguyur hujan beberapa jam langsung saja akibatkan banjir di kawasan padat penduduk di Kecamatan Cempaka, Rabu (3/8/2022).

Hanya beberapa jam diguyur hujan dengan intensitas tinggi, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru kembali diterjang banjir. Padahal 1 bulan yang lalu (4/7/2022) banjir yang cukup besar juga melanda kawasan Kecamatan Cempaka ini.

Bencana banjir di Kecamatan Cempaka kali ini terjadi pada sore hari setelah diguyur hujan lebat hanya beberapa jam. Hal ini selain akibat curah hujan yang cukup tinggi juga diduga adanya kerusakan lingkungan sekitar dan belum berfungsi normalnya embung yang telah dibangun.

Abab, warga Cempaka mengatakan, sejumlah pemukiman padat penduduk di Kawasan Kecamatan Cempaka terendam banjir. Hal ini menyebabkan sejumlah rumah warga juga terendam air dengan ketinggian yang bervariasi.

“Bencana banjir sepertinya seperti langganan di kawasan kami ini apabila diguyur hujan lebat beberapa jam. Setiap banjir pastilah warga menjadi susah, sebab sejumlah aktivitas menjadi tidak berjalan normal,” jelasnya.

Menurut Abab, warga Kecamatan Cempaka, khususnya yang sering menjadi korban bencana banjir berharap ada solusi atas persoalan langganan banjir ini.

“Kami berharap semua pemangku kepentingan (stakeholder) di Pemkot Banjarbaru dan Pemprov Kalsel bisa mencarikan solusi agar tidak terus berulang bencana banjir di Cempaka ini. Pembangunan embung hanya salah satu solusi, perbaikan lingkungan juga harus jadi solusi lainnya,” pungkas pria yang pernah tinggal di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar ini.

Exit mobile version