Site icon Kantor Berita Kalimantan

Coklit Untuk Pilkada 2024 di Kalsel Selesai di 5 Kabupaten

Komisioner KPU Kalsel, Fahmi Failasofa.

KBK.NEWS, BANJARMASIN – Sebanyak 5 kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menyelesaikan coklit lebih awal untuk keperluan Pilkada Serentak 2024, Selasa (16/7/2024).

Berdasarkan data dan informasi yang didapat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel menyebutkan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada Serentak 2024 masih berlangsung. Namun, para petugas Pantarlih di 5 kabupaten telah menyelesaikan coklit untuk Pilkada Serentak 2024 di Kalsel.

“Sudah 5 kabupaten di Kalsel yang telah selesai melakukan coklit hingga 100 persen. Keempat Kabupaten tersebut, yakni Tanah Laut (Tala), Kotabaru, Tapin, Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Balangan,” jelas Komisioner KPU Kalsel, Fahmi Failasofa, Selasa (16/7/2024) sore.

Menurut Fahmi, masih ada waktu bagi Pantarlih (Panitia Pendaftaran Pemilih) di 8 kabupaten dan kota untuk menyelesaikan proses coklit. Apalagi sekarang sebagian besar sudah hampir selesai coklit-nya.

“Masih ada waktu bagi Pantarlih untuk menyelesaikan tugas coklit, karena batas akhirnya nanti Tanggal 24 Juli 2024,” tegas mantan anggota Bawaslu Kabupaten Tabalong ini.

Setelah selesai melakukan coklit, beber Fahmi, para petugas Pantarlih dibantu petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) membuat laporan hasil coklit di lapangan.

“Sekarang rekan – rekan Pantarlih sudah mulai membuat laporan hasil coklit dibantu kawan-kawan PPS,” ungkapnya.

Menurut Fahmi, setelah coklit rampung, maka akan dilanjutkan ke tahapan penyusunan daftar pemilih (DPP) yang dimulai Tangga 25 Juli sampai dengan 31 Juli 2024.

“Setelah itu dilakukan pleno rekapitulasi penetapan daftar pemilih sementara (DPS). Itu dilakukan secara berjenjang dimulai dari PPS, PPK, hingga kabupaten dan kota yang d mulai Tanggal 1 Agustus sampai dengan 11 Agustus 2024,” pungkas Fahmi Failasofa.

 

 

Exit mobile version