Kantor Berita Kalimantan

Dinas PUPR Kalsel Gelontorkan Dana Rp 30 Miliar Untuk Perbaiki Jalan Martapura Lama

Kondisi Jalan Martapura Lama di Desa Sungai Rangas Hambuku dan Sungai Rangas Ulu yang mengalami kerusakan. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan, gelontorkan Dana Rp. 30 miliar untuk perbaiki beberapa kerusakan di Jalan Martapura Lama, Rabu (31/1/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kalimantan Selatan Ahmad Solhan, melalui Kepala Bidang Bina Marga Azan Syariful Muaz. Ia mengatakan pihaknya akan memperbaiki ruas Jalan Martapura Lama pada tahun 2024 ini.

Kepala Bidang Bina Marga Azan Syariful Muaz. (Foto : Rizal)

“Untuk Jalan Martapura Lama, Insyaallah tahun ini akan kami perbaiki. Terlebih ada jalan longsor di Sungai Rangas Ulu, itu akan kami tangani secepatnya,” ujar Azan Syariful Muaz, Selasa (30/1/2024).

Untuk estimasi anggaran, lanjut Azan, pihaknya telah menyiapkan dana sekitar Rp.30 Miliar untuk perbaikan jalan rusak di sepanjang ruas Jalan Martapura Lama.

“Untuk Jalan Martapura Lama, kami menyiapkan Rp.30 Miliar, namun untuk detail titik mana saja, saya masih belum melihat data nya,” sebutnya.

Azan menjelaskan, Jalan Martapura Lama sangat rentan akan kerusakan, hal tersebut disebabkan oleh posisi jalan yang berdampingan dengan sungai Martapura, dan banyak mobil angkutan berat yang melintasi setiap harinya.

“Apalagi kan kemaren juga ada jalan longsor di Desa Sungai Batang, namun sudah kami perbaiki. Dan terjadi lagi di Desa Sungai Rangas, kami akan mengupayakan perbaikan secepatnya, namun tidak dibuat jembatan slep seperti di Desa Sungai Batang, ” jelas Azan.

Oleh karena itu, Dinas PUPR Kalsel akan memperkuat siring jalan terlebih dahulu, agar jalan longsor di Desa Sungai Rangas tersebut tidak terjadi lagi.

“Yang jelas kami akan perkuat siring jalan untuk menahan arus air sungai,” tutupnya.

Exit mobile version