Dinas PUPRP Banjar Gelontorkan Dana 4,6 M Untuk Muluskan Jalan Inpres Aluh Aluh

2 min read

MARTAPURA – Melalui anggaran APBD Perubahan 2023, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar, memastikan sudah memulai perbaikan Jalan Inpres di Kecamatan Aluh-Aluh, Senin (6/11/2023).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas PUPRP Banjar, Anna Rosida Santi. Ia mengatakan pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,6 miliar untuk perbaikan jalan Inpres, termasuk di Desa Bunipah, dan Desa Simpang Warga Kecamatan Aluh Aluh.

“Nah satu minggu ini kita sudah bekerja untuk melakukan perbaikan itu, jadi ada kurang lebih 5 km pekerjaan, dari Simpang Warga, Aluh Aluh Besar, sampai kantor Kecamatan Aluh Aluh,” ujar Anna kepada Kbk.news di ruang kerjanya, Senin (6/11/2023) sore.

Kondisi jalan Inpres di Desa Simpang Warga, Kecamatan Aluh Aluh, sebelum diperbaiki. (Foto : Dok)

Namun, lanjut Anna, ada beberapa tipe pekerjaan yang pihaknya lakukan. Seperti di Desa Bunipah, Simpang Warga, Dinas PUPRP Banjar akan menggunakan pekerjaan sistem geotekstil.

“Untuk di Bunipah, Simpang Warga tentu akan kita aspal, tapi penanganan nya berbeda untuk Bunipah Simpang Warga, jalannya kita kupas dulu, lalu tanam geotekstil, lalu kita tutup lagi sama Lapis Pondasi Agregat Kelas B (LPB) dan Lapis Pondasi Agregat Kelas A (LPA), baru kita aspal,” paparnya.

Terlebih, tambah Anna, terdapat jalan longsor di Desa Bunipah. Namun saat ini sudah diperbaiki pihaknya beberapa waktu yang lalu, hanya saja belum di aspal. Oleh karena itu PUPRP Banjar memasangkan batu gunung agar jalan tersebut tidak longsor lagi.

“Kalau jalan di Desa Simpang Warga, sampai ke kantor Kecamatan Aluh Aluh, jalan aspalnya akan dilapis saja, karena aspalnya aus, Insyaallah dalam tahun ini pengaspalan nya,” pungkas Anna.

Berita Terkait

More From Author