Site icon Kantor Berita Kalimantan

Dinas PUPRP Banjar Perkuat Badan Jalan di Sungai Raya dan Sungai Langsat

KBK.News, MARTAPURA – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar melaksanakan perkuatan badan jalan kabupaten yang berada di Desa Sungai Raya dan Sungai Langsat, Kecamatan Simpang Empat.

Kepala Dinas PUPRP Banjar Anna Rosida Santi, melalui Jimmy selaku Kabid Bina Marga mengatakan, pengerjaan dengan sistem konsolidasi antara dua desa ini dikerjakan oleh CV. Cipta Perdana, dengan nilai kontrak Rp.4.684.622.000 bersumber dari APBD.

“Progres di Desa Sungai Langsat, terhitung hingga 28 Juli 2024 sudah mencapai 30,1 persen. Saat ini sudah masuk ke tahap pengecoran pondasi sloof protection dan pasangan batu sloof protection. Panjang penanganannya sekitar 16 meter dan untuk kedalamannya menyesuaikan dengan kemiringan sloof, kurang lebih 6 meter,” kata Jimmy.

Ia menjelaskan, konstruksi bangunan siring yang dibangun di Desa Sungai Langsat ini, mirip dengan konsep besi abutment jembatan dan dibagian bawahnya ditambah pasangan batu.

“Kebetulan air sungai sedang surut, jadi bisa diperkuat lagi dengan pasangan batu,” jelasnya.

Sedangkan progres pengerjaan di Desa Sungai Raya, lanjut Jimmy, saat ini sedang produksi Corrugated Concrete Sheet Pile (CCSP). Untuk panjang penanganan 60 meter dengan tinggi berdasarkan penyelidikan tanah, CCSP yang akan dipasang sekitar 12 meter.

“Targetnya pada Agustus 2024 ini sudah mobilisasi ke lokasi Desa Sungai Raya dan segera dilakukan erection (pemasangan) tiang pancang,” ucapnya.

Selain itu, dirinya optimis pengerjaan perkuatan badan jalan di dua desa tersebut, berdasarkan Surat Perintah Masuk Kerja (SPMK) diterbitkan pada, 10 Juni 2024 dengan waktu pelaksanaan 150 Hari Kerja (HK), akan rampung sesuai terget.

“Kita pastikan untuk pengerjaan siring di dua desa ini akan rampung pada, 7 November 2024,” pungkasnya.

Exit mobile version