Site icon Kantor Berita Kalimantan

Dinas PUPRP Banjar Segera Lakukan Penanganan Darurat Jalan Rusak di Martapura Barat

Kondisi jalan di Desa Keliling Benteng Tengah, Kecamatan Martapura Barat. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar, tanggapi keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan di Desa Keliling Benteng Tengah, Kecamatan Martapura Barat, Senin (10/6/2024).

Kepala Dinas PUPRP Banjar, Anna Rosida Santi, mengatakan bahwa jalan tersebut merupakan kewenangan dari Dinas PUPR Kalsel, karena akan ada pekerjaan jalan yang menghubungkan antara Tajau Landung (Banjar) – Jejangkit (Batola).

“Kami dapat konfirmasi, bahwa itu akan dikerjakan oleh Dinas PUPR Provinsi Kalsel, maka kami menunggu pekerjaan mereka saja terlebih dahulu,” ujar Anna Rosida Santi, Senin (10/6/2024) sore.

Namun, lanjut Anna, pihaknya akan segera melakukan penanganan darurat dengan menutupi jalan yang berlubang dengan bebatuan (Basecourse), untuk mengurangi bahaya pengguna jalan.

“Paling tidak nanti akan kami tutupi dengan batu, lebih dari itu, pekerjaan permanen nya adalah ranahnya provinsi, kita hanya melakukan penanganan darurat,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Warga Desa Keliling Benteng Tengah dan Tajau Landung mengeluhkan jalan desa yang rusak parah, karena menggangu serta membahayakan pengguna jalan, Minggu (9/6/2024).

Jalan rusak berlobang dan digenangi air menjadi pemandangan sehari – hari yang terpaksa harus dilalui warga Desa Keliling Benteng Ulu, Tajau Landung dan lainnya di Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar.

Jalan juga menjadi licin jika terkena hujan dan berdebu apabila saat cuaca panas. Kondisi jalan yang rusak parah inilah yang selalu dikeluhkan warga tersebut.

”Jalan yang rusak parah ini panjangnya sekitar 3 kilometer. Warga desa berharap Pemkab Banjar memberikan solusi yang cepat agar jalan diperbaiki. Minimal jalan kabupaten ini ada perbaikan yang bersifat tanggap darurat,” jelas Hamdan, yang merupakan Anggota DPRD Banjar.

Exit mobile version