Site icon Kantor Berita Kalimantan

Diprediksi Hanya 2 Paslon Bupati Banjar di Pilkada 2024

KBK.NEWS, MARTAPURA – Diprediksi hanya 2 pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar yang akan bertarung di Pilkada 2024, Minggu (9/6/2024).

Sejumlah Balon Bupati dan Wakil Bupati Banjar telah melamar ke sejumlah partai politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Banjar. Hanya ada dua Balon Bupati Banjar yang secara terangan – terangan mendaftarkan diri ke Parpol, yakni H Saidi Mansyur dan H Syaifullah Tamliha di Pilkada 2024.

H Saidi Mansyur yang merupakan Bupati Banjar Petahana lebih awal sudah diprediksi akan maju kembali di Pilkada Kabupaten Banjar 2024. H Saidi Mansyur juga Bakal Calon Bupati Banjar yang pertama mendapat surat rekomendasi dari DPP Partai Nasdem.

Berdasarkan sejumlah data yang berhasil dihimpun kbk.news dalam beberapa bulan terakhir ini, terpantau hanya H Saidi Mansyur dan H Syaifullah Tamliha yang masif melakukan komunikasi ke beberapa parpol.

Langkah lebih mudah didapat H Saidi Mansyur dalam proses mendapatkan parpol pengusung, khususnya dari Partai Nasdem yang memiliki 7 kursi di DPRD Kabupaten Banjar. Hal tersebut bisa terjadi, karena H Saidi Mansyur adalah pembina di DPD Partai Nasdem Kabupaten Banjar.

Untuk bisa mengusung Balon Bupati Banjar di Pilkada 2024 ini minimal dibutuhkan 9 kursi partai politik di DPRD Kabupaten Banjar. Karena Nasdem sudah memiliki 7 kursi, maka H Saidi Mansyur hanya membutuhkan 2 kursi lagi dan sangat berpeluang akan mendapatkan 4 kursi dari Partai Demokrat.

Lalu bagaimana dan berapa parpol yang akan mengusung H Syaifullah Tamliha?

Untuk sementara H Syaifullah Tamliha diprediksi akan mendapat lebih dari 9 kursi parpol di DPRD Kabupaten Banjar. Partai politik yang akan mengusung politisi senior PPP ini diprediksi adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PKS dan Partai Gerindra.

Perhitungan kursi sementara parpol yang akan mengusung Syaifullah Tamliha, PPP dengan 5 kursi, PKB 4 kursi, PKS 2 kursi dan Partai Gerindra dengan 8 kursi.

Lalu kemana Partai Golkar yang memiliki 8 kursi di DPRD Kabupaten Banjar akan bergabung? Apakah akan bergabung dengan H Saidi Mansyur atau ke H Syaifullah Tamliha?

Untuk Partai Golkar yang memiliki 8 kursi di DPRD Kabupaten Banjar berpeluang untuk membentuk poros baru selain mengusung H Saidi Mansyur atau H Syaifullah Tamliha. Sebab, kalau Golkar ingin mengusung calonnya sendiri, maka tinggal membutuhkan 1 kursi saja lagi.

Peluang Partai Golkar Kabupaten Banjar untuk mengusung Balon Bupati dan Wakil Bupati Banjar di Pilkada 2024 ini dengan membentuk poros baru diprediksi akan sulit bisa terbentuk. Alasannya, karena di Pilgub Kalsel 2024 Partai Nasdem dan Partai Golkar sudah berkoalisi, yakni Acil Odah dan Rozanie.

Berdasarkan berbagai pertimbangan politik, maka diprediksi Pilkada Kabupaten Banjar 2024 hanya akan diikuti dua Balon Bupati dan Wakil Bupati Banjar.

Prediksi ini dapat saja berubah setiap saat sebelum ada penetapan pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar ditetapkan KPU. Perubahan bisa terjadi, sebab dinamika politik yang terus bergerak sampai dengan mendaftarnya pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar mendatfarkan diri di KPU Kabupaten Banjar di Martapura.

Exit mobile version