Site icon Kantor Berita Kalimantan

Ditsamapta Polda Kalteng Padamkan Karhutla

KBK.NEWS, PALANGKA RAYA – Satgas Karhutla Polda KALTENG bersama instansi terkait berhasil padamkan Karhutla di Jekan Raya, Palangka Raya. 

Personel Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) yang tergabung dalam satuan tugas (Satgas) Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Satgas ini ikut berperan penting dalam menanggulangi kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Kalteng khususnya di Kota Palangka Raya.

Terbaru personel Ditsamapta Polda Kalteng bersama TNI, BPBD dan sejumlah relawan berhasil memadamkan kebakaran lahan di Jl. Banteng, Kel. Bukit Tunggal, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Sabtu (19/8/2023) sore.

Dirsamapta Polda Kalteng Kombes Pol Cahyo Widiarso, melalui Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji mengatakan, informasi kebakaran lahan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang diterima langsung oleh piket kendaraan taktis (rantis) Ditsamapta.

“Begitu mendapat informasi ada kebakaran lahan, kami pun langsung turun ke tempat kejadian dengan menggunakan satu mobil watercanon (AWC) menuju lokasi kebakaran lahan di Jl. Banteng yang tidak jauh dari kantor Ditsamapta,” jelas Kabidhumas.

Meski menghadapi medan sulit dan situasi yang penuh tantangan, beber Cahyo Widiarso anggota dari Ditsamapta dibantu personel TNI, BPBD dan relawan berhasil memadamkan kobaran api dalam waktu hanva 1 iam.

“Tindakan cepat dan koordinasi yang baik antara anggota tim memungkinkan situasi segera terkendali dan teratasi,” tuturnya

Kabidhumas menegaskan bahwa, kesiapan dalam menanggulangi karhutla ini merupakan bentuk komitmen Polri khususnya Polda Kalteng dibawah kepemimpinan Irjen Pol Drs. Nanang Avianto.

“Respon cepat ini juga merupakan wujud bukti Polri dalam melayani dan memberikan rasa aman kepada masyarakat di wilayah hukum Polda Kalteng,” tandasnya. (adji/sam)

Sumber Humas Polda Kalteng

Exit mobile version